Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jambi Ekspor Komoditas Pertanian ke 5 Negara Asia

Provinsi Jambi melakukan ekspor lima komoditas pertanian ke Thailand, Korea Selatan, Pakistan, Jepang, dan Malaysia dengan nilai keseluruhan mencapai Rp9,4 miliar.
Ilustrasi: Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk./Bisnis.com-Rachman
Ilustrasi: Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk./Bisnis.com-Rachman

Bisnis.com, JAMBI – Provinsi Jambi melakukan ekspor lima komoditas pertanian ke Thailand, Korea Selatan, Pakistan, Jepang, dan Malaysia dengan nilai keseluruhan mencapai Rp9,4 miliar.

Ekspor tersebut dilepas oleh Pemerintah Provinsi Jambi bersama Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi, di Pelabuhan Talang Duku, Muarojambi, Kamis (14/3/2019).

Lima komoditas pertanian yang diekspor tersebut yaitu cangkang sawit sebanyak 8.500 oleh Perusahaan Era Sakti Wira Fores Tama dengan nilai ekonomi Rp6,6 miliar negara tujuan Thailand dan pinang oleh perusahaan PT Sumber Rezeki Pangan 81 ton negara tujuan Thailand nilai dengan ekspor Rp 1,411 miliar lebih, kata Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto.

Kemudian kelapa bulat oleh perusahaan PT Indo Lanka Usaha Mandiri sebanyak 27.500 ton negara tujuan ke Pakistan dengan nilai ekspor Rp89,250 juta lebih.

Selanjutnya sapu lidi oleh perusahaan CV Nienda Karya sebanyak 108.00 ton ke India dengan nilai Rp863,654 juta dan kayu olahan oleh perusahaan PT Bunian Kencana 117,6432 M3 ke Taiwan dengan nilai ekspor Rp453, 575 juta, sehingga total nilai ekspor lima komoditas itu yakni Rp9,418 miliar.

Kegiatan pelepasan ekspor komoditas pertanian Jambi 2019 secara simbolis dilakukan oleh Sekda Provinsi Jambi M. Dianto, didampingi Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi Abidin, Kepala Pusat Karantina Hewan Hayati Hewani, Badan Karantina Pusat Agus Sunanto, serta General Manager Pelindo II Jambi Kartiko Yuwono.

Dianto mengatakan ekspor beberapa komoditas pertanian di atas telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu, namun sesuai dengan saran dari kementerian kegiatan ekspor ini harus dilakukan secara terbuka disampaikan kepada daerah.

"Sehingga daerah bisa melihat peluang-peluang ekspor yang bisa dikawal dan digiring oleh Kementerian Pertanian dan sudah saya sampaikan bahwa peluang untuk kita memenuhi pasar ekspor itu masih terbuka luas dan tinggal kita yang mengupayakan dengan beberapa OPD terkait dan kelompok petani dan kelompok masyarakat, agar kita di daerah tahu aspek dan standar mutu yang dibutuhkan negara-negara tujuan ekspor," kata Dianto.

Sekda juga mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jambi sebenarnya telah berupaya mencari peluang pasar ekspor untuk beberapa komoditi pertanian Provinsi Jambi. Namun sejauh ini masih terkendala dengan transportasi yang cukup jauh.

"Saat ini beberapa kabupaten tengah memasuki panen raya diantaranya cabe dan kentang, dan kita berharap hasilnya dapat diekspor ke Malaysia atau Singapura yang memang membutuhkan hasil pangan kita, namun yang menjadi kekhawatiran kita beberapa komoditi kita sampai ke negara tujuan kondisinya tidak segar lagi karena durasi jam nya yang lebih 24 Jam, saya berharap agar terbukanya penerbangan langsung dari Provinsi Jambi menuju negara tujuan ekspor seperti Malaysia dan Singapura," katanya.

Dianto menambahkan karena saat ini Jambi sudah kelebihan produksi hasil pertanian terutama cabe dan kentang mengakibatkan harganya turun. Sebab itu jika Jambi bisa menjual hasil pertanian tersebut ke luar tentu bisa membantu meningkatkan harga di tingkat petani menjadi 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper