Langit Riau Jadi Ajang Tempur F16 sampai Kamis Besok

Jet tempur F16 Fighting Falcon A/B Block 15 OCU dan C/D serta pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 16 dan 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi menggelar latihan tempur di langit Provinsi Riau.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Maret 2019  |  10:02 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU – Jet tempur F16 Fighting Falcon A/B Block 15 OCU dan C/D serta pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 16 dan 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi menggelar latihan tempur di langit Provinsi Riau.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Rony Irianto Moningka di Pekanbaru, Rabu (13/3/2019), mengatakan latihan tempur dengan tema Bido Gesit 2019 tersebut untuk menguji kemampuan prajurit dalam mengembangkan taktik serta teknik.

"Mengembangkan taktik dan teknik dengan tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku dan terus melaksanakan koordinasi antarsatuan jajaran dengan melakukan perencanaan latihan dengan secermat-cermatnya," kata Ronny.

Ia menuturkan latihan tempur yang menjadi agenda rutin pangkalan militer terlengkap di Pulau Sumatera tersebut digelar mulai Senin awal pekan ini hingga Kamis (14/3).

Latihan dengan melibatkan puluhan prajurit itu meliputi intersep atau pengusiran pesawat asing dari wilayah udara NKRI, penurunan paksa pesawat asing ilegal, penanggulangan kebakaran, penanganan Emergency Hawk 200 dan Penanganan Emergency F-16.

"Selain itu, kegiatan juga meliputi closer air support (CAS), Sar Tempur Heli EC-725 /HT-7202 dan Pertahanan Pangkalan," ujarnya.

Lebih jauh, Ronny mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk melaksanakan rangkaian latihan dengan serius yang dilandasi dengan disiplin yang tinggi, profesionalme serta kepedulian akan keselamatan terbang dan kerja.

"Pada hakekatnya pelaksanaan Latihan Bido Gesit 2019 ini merupakan implementasi dari kemampuan Lanud Roesmin Nurjadin dalam menghadapi tugas-tugas dimasa kini dan masa yang akan datang," tuturnya.

Komandan Latihan Bido Gesit 2019, Mayor (Pnb) Putut Hanggiro mengatakan latihan itu diselenggarakan pada siang dan malam, dengan melibatkan seluruh unsur jajaran yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin.

Saat ini Lanud RSN memiliki dua skadron pesawat tempur sejalan dengan peningkatan status Lanud tersebut dari Tipe B menjadi Tipe A pada Agustus 2015. Dua Skadron itu adalah Skadron Udara Hawk 100/200, Skadron Udara F16 dan ditambah Skadron pemeliharaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pekanbaru, tni au

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top