Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Wisatawan, Museum Negeri Sumut Bakal Digitalisasi

Museum negeri Sumut akan memakai teknis digital untuk meningkatkan wisatawan

Bisnis.com, MEDAN--Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah mendorong digitalisasi Museum Negeri Sumut agar mendorong minat kunjungan wisatawan. 

Menurutnya, museum diasosiasikan dengan tempat yang membosankan. Oleh karena itu, dia menilai perlu untuk melakukan revitalisasi dengan sentuhan teknologi agar tampilan dan cara penyampaian informasi di museum tersebut sehingga bisa menarik wisatawan. 

Dia berujar digitalisasi museum telah dilakukan di luar negeri dan bisa meningkatkan minat kunjungan. Dengan cara tersebut, dia menyebut pihaknya bisa memberdayakan museum guna mengedukasi masyarakat sekaligus miliki potensi menjadi tempat wisata edukasi.

"Kalau kami perhatikan di negara-negara maju itu, bagus-bagus museumnya. Teknologi yang digunakan di museum sudah menuju digitalisasi, interior dan display-nya menarik, mudah-mudahan kita akan segera mengarah ke sana,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (21/2/2019). 

Adapun, museum tersebut memamerkan benda-benda peninggalan sejarah budaya mulai dari masa prasejarah hingga perjuangan masa kini asal Sumatra Utara, Indonesia dan Thailand. 

Menurutnya, museum itu pernah menjadi museum terbaik di Indonesia tahun 2015. Kendati demikian, dia menyebut saat ini perlu revitalisasi agar koleksi, interior, penyajian informasi menjadi lebih menarik. 

Perinciannya, koleksi delapan etnis di Sumut harus ditambah. Lalu, menggunakan teknologi untuk menampilkan informasi, menambah pilihan bahasa agar menarik wisatawan asing juga meningkatkan aktivitas di museum.
 
"Memang museum yang sudah ada ini sudah baik, Bahkan pernah dinobatkan menjadi museum terbaik se-Indonesia pada tahun 2015. Tetapi tentu perlu kita tingkatkan lagi, khususnya dari segi koleksi, interior, penyajian informasi, dan lainnya," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper