Kargo Udara Mahal, Asperindo Riau Kirim Barang Lewat Darat

Akibat mahalnya tarif kargo angkutan udara, pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) mengirim barang pelanggannya lewat jalur darat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 Februari 2019  |  17:22 WIB
Kargo Udara Mahal, Asperindo Riau Kirim Barang Lewat Darat
Antrean panjang armada truk terjebak kemacetan. - JIBI/Wahyu Darmawan
Bisnis.com, PEKANBARU  - Akibat mahalnya tarif kargo angkutan udara, pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) mengirim barang pelanggannya lewat jalur darat.
 
Koordinator Asperindo Wilayah I Sumatra Yana Mulyana mengatakan tarif kargo udara sudah naik sebanyak enam kali atau sektar 330% dari tarif awal.
 
"Tarif kargo atau surat muatan udara sudah naik enam kali sejak Oktober lalu, akibatnya biaya operasional pengusaha Asperindo meningkat, kini kami mulai mengubah sistem pengiriman ke jalur darat," katanya Rabu (13/2/2019).
 
Dia menjelaskan untuk tarif kargo Pekanbaru-Jakarta misalnya, dulu hanya dikenakan biaya Rp2.750 per kilogram tetapi kini sudah mencapai Rp9.900 per kilogram. Malah untuk tujuan Batam mencapai Rp16.000 per kilogram.
 
Dampak kenaikan tarif yang tinggi ini, sejumlah perusahaan anggota Asperindo menderita kerugian dan akhirnya berhenti beroperasi, yaitu sekitar 18 perusahaan di wilayah Sumatra. Sedangkan untuk Pekanbaru Riau, diperkirakan ada tiga perusahaan yang behenti sementara.
 
Untuk menyiasati kondisi ini, pihaknya menyarankan kepada anggota dengan mengirim barang pelanggan lewar jalur darat. Memang pengaruhnya waktu tempuh menjadi lebih lama.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kargo udara

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top