Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumbar Tawarkan Pulau Sanding ke Investor Asing

Sumatra Barat bakal menawarkan pengelolaan Pulau Sanding di Kabupaten Kepulauan Mentawai ke investor asing, mengingat investasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan pulau tersebut dalam jumlah besar.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 21 Januari 2019  |  21:06 WIB
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bakal menawarkan pengelolaan Pulau Sanding di Kabupaten Kepulauan Mentawai ke investor asing, mengingat investasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan pulau tersebut dalam jumlah besar.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebutkan Pulau Sanding, Kecamatan Pagai Selatan yang berada paling selatan dari wilayah Mentawai dan berbatasan dengan perairan laut Bengkulu, perlu dikembangkan dengan investasi asing.

“Potensinya besar, dan akan sangat menguntungkan untuk investasi resort. Investor asing paling memungkinkan untuk ini karena anggarannya besar,” ujarnya, Senin (21/1/2019).

Menurutnya, pulau tidak berpenghuni tersebut masih asri, dengan pasir putih dan jernih serta memiliki berbagai jenis ikan dan biota laut. Selain itu, ombaknya yang juga tinggi, sehingga cocok untuk wisatawan mancanegara yang mengincar olahraga selancar.

“Karakter ombaknya yang tinggi dan panjang mengelilingi pulau, juga bisa bersaing dengan ombak Mentawai yang sudah lebih dulu mendunia untuk olahraga surfing,” katanya.

Nasrul menyebutkan untuk pengurusan izin juga tidak akan sulit karena pulau tersebut juga tidak berpenghuni, sehingga memudahkan proses investasi.

Dia menuturkan sudah ada calon investor asing yang berminat untuk mengembangkan resort di kawasan tersebut.

“Kami dukung jika ada investor yang mau investasi, yang penting potensi yang ada ini betul – betul dimanfaatkan, sehingga menambah pendapatan bagi daerah,” katanya.

Dia meyakini pengembangan Pulau Sanding untuk olahraga surfing akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Mentawai.

Apalagi, selama ini sudah banyak resort yang berdiri di daerah itu, baik dalam bentuk investasi asing maupun investasi dalam negeri, dengan jualan utama adalah panorama alam laut Mentawai dan potensi olahraga selancar yang dimilikinya.
 
Adapun, tahun ini Pemprov Sumbar memprioritaskan investasi sektor pariwisata sebagai jualan utama, mengingat potensi sektor itu yang sangat besar. Selain pariwisata, investasi lainnya di bidang energi terbarukan, hilirisasi industri, dan infrastruktur. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar mentawai
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top