Pemprov Riau: Tiket Pesawat Mahal Perburuk Perputaran Ekonomi Daerah

Pemprov Riau mengakui mahalnya tiket pesawat yang ditawarkan maskapai penerbangan saat ini, berdampak pada perekonomian daerah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 11 Januari 2019  |  16:28 WIB
Pemprov Riau: Tiket Pesawat Mahal Perburuk Perputaran Ekonomi Daerah
Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru. - Istimewa
Bisnis.com, PEKANBARU  - Pemprov Riau mengakui mahalnya tiket pesawat yang ditawarkan maskapai penerbangan saat ini, berdampak pada perekonomian daerah.
 
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Riau Masperi mengatakan soal tingginya harga tiket pesawat saat ini, dampaknya memberatkan bagi masyarakat.
 
"Soal harga tiket ini kan kebijakannya dari atas [pusat], namun akibatnya berdampak ke daerah dan kami harap ini jangan terlalu memberatkan lah," katanya Jumat (11/1/2019).
 
Dia memberikan contoh masyarakat yang memiliki uang Rp1 juta dan biasanya membeli tiket dengan harga Rp700.000, kini harus membayar penuh, dan tidak punya sisa uang untuk berbelanja.
 
Uang sisa dari penumpang pesawat tadi, diharapkan akan dibelanjakan di daerah tujuan, guna menggerakkan ekonomi daerah dan mendorong usaha kecil masyarakat setempat.
 
Namun dengan kondisi mahalnya tiket pesawat saat ini, masyarakat mengurangi belanja dan berpikir dua kali untuk membeli oleh-oleh di daerah tujuan.
 
"Tapi tetap ada sisi positif dari tiket pesawat mahal ini, bisa menghidupkan transportasi lain seperti darat, karena sekarang terbuka pilihan yaitu pakai pesawat mahal, bisa pilih jalur darat," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pesawat, riau, tiket pesawat

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top