Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Segera Terapkan Samsat Online

Sumatra Selatan memastikan siap mendukung penerapan samsat online sesuai arahan Kepolisian RI untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Wajib pajak mengurus perpanjangan surat kendaraan di Samsat./Antara-Yulius Satria Wijaya
Wajib pajak mengurus perpanjangan surat kendaraan di Samsat./Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, PALEMBANG – Sumatra Selatan memastikan siap mendukung penerapan samsat online sesuai arahan Kepolisian RI untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel Neng Muhaiba mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menerapkan samsat online secara nasional.

“Selain itu sesuai arahan Kapolri, Sumsel juga akan menyiapkan inovasi unik dan berbeda untuk memudahkan pembayaran pajak oleh masyarakat,” katanya, Jumat (16/11/2018).

Sebelumnya, seluruh pemerintah daerah di telah diajak pihak Kepolisian RI untuk mengikuti rapat koordinasi pembina samsat nasional ini dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Kakorlantas Polri Irjen.Pol Refdi Andri, dalam keterangan pers, menyampaikan bahwa sistem samsat online nasional ini merupakan langkah baru dalam mempercepat pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di mana saja.

"Samsat Online ini adalah untuk mempercepat pelayanan pajak kendaraan bermotor di mana saja"ujarnya.

Sebelumnya Refdi Andri menuturkan bahwa proses pembayaran pajak kendaraan bermotor dinilai lama dan membutuhkan proses yang panjang.

Dengan adanya Samsat Online ini diharapkan pembayaran pajak lebih cepat sekaligus menjauhkan adanya praktik pungli yang dilakukan oleh pegawai.

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan adanya inovasi Samsat Online nasional ini yang dinilai sangat membantu sumber penerimaan pendapatan baik pusat maupun daerah.

Dia mengatakan bahwa kondisi pendapatan Indonesia saat ini sangat bergantung dari sumber penerimaan pajak kendaraan bermotor dibandingkan dari sektor minyak dan gas yang sebelumnya menjadi sektor utama penerimaan negara.

"Sebelumnya sumber penerimaan kita dari minyak dan gas tapi semakin hari minyak dan gas semakin menipis sehingga kita akan mengandalkan penerimaan dari sektor pajak dan penerimaan dari sektor bukan pajak,” katanya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan Samsat memiliki peran yang sangat penting dalam lalu lintas di negara ini.

Tak hanya itu, Tito juga berharap dan mempersilahkan kepada pemerintah daerah mampu berinovasi untuk mendukung pelayanan publik dalam pembayaran pajak dengan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Untuk diketahui proses pembayaran pajak via online ini tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya simulasi langsung proses pembayaran pajak kendaraan bermotor online via smartphone di mana hanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper