Revitalisasi 5 Dermaga Danau Toba, Kemenhub Masih Fokus pada Sisi Air

Kementerian Perhubungan menyatakan pengerjaan revitalisasi lima dermaga di sekitar Danau Toba, Sumatra Utara, masih akan berlanjut setidaknya hingga 2019.
Ropesta Sitorus | 22 Agustus 2018 17:51 WIB
Danau Toba - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, MEDAN – Kementerian Perhubungan menyatakan pengerjaan revitalisasi lima dermaga di sekitar Danau Toba, Sumatra Utara, masih akan berlanjut setidaknya hingga 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menuturkan saat ini proses perbaikan dermaga masih terus berjalan di lima lokasi yakni Ajibata, Muara, Simanindo, Tigaras dan Ambarita.

“Yang diperbaiki ada 5 dermaga, sekarang sudah tahap II. Tahun ini masih menyelesaikan pekerjaan di sisi airnya dulu,” ujar Budi kepada Bisnis, Rabu (22/8/2018).

Lebih lanjut dia menuturkan proses pembangunan pada tahun 2019 akan dilanjutkan dengan fokus pada sisi darat seperti revitalisasi terminal. Budi menuturkan, dermaga di Danau Toba nantinya akan memiliki zonasi terminal.

Dalam kesempatan sebelumnya, Budi menyampaikan revitalisasi dermaga di kawasan Danau Toba telah direncanakan sejak 2017.

Revitalisasi direncanakan bukan semata-mata dipicu peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun pada medio Juni 2018.

Tag : danau toba
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top