Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Bukittinggi Akibat Aktivitas Sesar Semangka

Gempa bumi berkekuatan 4 Skala Richter yang terjadi pada jarak sekitar 8 kilometer Barat Laut Bukittinggi, Sumatera Barat, Selasa (17/7/2018) pukul 7.02 WIB akibat aktivitas Sesar Semangka atau patahan Semangka yang merupakan bagian dari Sesar Sumatera.
Gempa Megathrust./BMKG
Gempa Megathrust./BMKG

Bisnis.com, BUKITTINGGI – Gempa bumi berkekuatan 4 Skala Richter yang terjadi pada jarak sekitar 8 kilometer Barat Laut Bukittinggi, Sumatera Barat, Selasa (17/7/2018) pukul 7.02 WIB akibat aktivitas Sesar Semangka atau patahan Semangka yang merupakan bagian dari Sesar Sumatera.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang merilis gempa itu terjadi pada koordinat 0,23 Lintang Selatan dan 100,37 Bujur Timur dengan kedalaman hiposenter 7 kilometer.

Plt Kepala Stasiun Geofisika, Fajar Dwi Prasetyo dalam keterangannya menyebutkan berdasarkan posisi gempa tersebut menunjukkan gempa terjadi akibat aktivitas Sesar Sumatera di Segmen Sianok.

Segmen Sianok mempunyai kecepatan pergeseran 23 mm/tahun dengan tipe pergeseran mendatar (strike-slip).

Posisi Segmen Sianok memanjang dari sebelah Timur Danau Singkarak melewati sebelah Barat Daya Gunung Marapi, Sumbar sampai Ngarai Sianok dengan panjang 90 kilometer.

Gempa besar terakhir terjadi di segmen tersebut tercatat terjadi dua kali pada 6 Maret 2007 dengan kekuatan 6,4 SR dan 6,3 SR.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan, mengenal potensi bencana dan jalur evakuasi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan di daerah setempat.

Beradasarkan laporan yang diterima BMKG, getaran gempa pada Selasa pagi itu dirasakan di wilayah Bukittinggi dalam IV MMI, Padang Panjang III MMI, dan sejumlah wilayah Kabupaten Agam seperti di Ampek Angkek dan Lawang.

Di Bukittinggi, getaran gempa sempat membuat warga terkejut namun karena durasinya singkat peristiwa itu tidak mengganggu aktivitas warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper