Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilu Legislatif 2019, Dinas Pendidikan Batam Gunakan Teknologi Khusus Periksa Keaslian Ijazah

Dinas Pendidikan Kota Batam Kepulauan Riau menggunakan teknologi dengan alat khusus untuk memastikan keaslian ijazah bakal calon legislator sebelum melegalisasinya, sebagai syarat pencalonan dalam Pemilu 2019.
Kasus ijazah palsu/Antara
Kasus ijazah palsu/Antara

Bisnis.com, BATAM - Dinas Pendidikan Kota Batam Kepulauan Riau menggunakan teknologi dengan alat khusus untuk memastikan keaslian ijazah bakal calon legislator sebelum melegalisasinya, sebagai syarat pencalonan dalam Pemilu 2019.

"Kami menggunakan alat pendeteksi, bentuknya sama seperti alat yang digunakan untuk mengetahui keaslian rupiah," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan di Batam, Rabu (4/7/2018).

Menurut dia, akurasi alat itu mencapai 100 persen, dengan cara memindai logo air yang terdapat dalam ijazah. Hingga saat ini, Disdik Kota Batam telah melegalisir sekitar 50 ijazah SLTA sederajat milik bakal caleg untuk keperluan Pemilu 2019.

Disdik Batam diberikan wewenang untuk melegalisasi ijazah bakal caleg yang bersekolah di luar kota, demi memudahkan mereka memenuhi syarat KPU.

"Mereka membawa ijazah SMA yang asli, untuk memastikan keasliannya," kata dia.

Terpisah, Komisioner Bidang Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan menyatakan banyak bakal calon legislatif yang mengeluhkan syarat legalisir ijazah untuk ikut serta dalam Pemilu 2019.

Ia mengatakan sebenarnya bakal caleg tidak perlu resah, karena KPU RI telah mengeluarkan kebijakan, legalisir bisa dilakukan oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan domisili.

Meskipun bakal caleg dulu sekolah di Pulau Jawa, Pulau Sumatra atau Pulau Sulawesi, namun legalisir ijazah bisa dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Batam, sebagai syarat pencalonan.

KPU Batam juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat terkait persoalan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper