Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Bahan Pokok di Aceh Relatif Stabil

Memasuki pertengahan Ramadan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama tim satgas pangan Polda Aceh melakukan sidak di beberapa pasar di Banda Aceh untuk memastikan harga bahan pokok yang dijual ke masyarakat stabil.
Abdul Hadi Firsawan
Abdul Hadi Firsawan - Bisnis.com 28 Mei 2018  |  17:25 WIB

Bisnis.com, BANDA ACEH - Memasuki pertengahan Ramadan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama tim satgas pangan Polda Aceh melakukan sidak di beberapa pasar di Banda Aceh untuk memastikan harga bahan pokok yang dijual ke masyarakat stabil.

Kepala KPPU Wilayah Regional Sumatera-Aceh Ramli Simanjuntak menjelaskan, hasil monitoring pihaknya harga bahan pokok seperti daging sapi, daging ayam, dan cabai relatif stabil di Banda Aceh.

"Harga daging sapi itu relatif stabil di Rp120 ribu perkilogram. Harga daging sapi di Aceh sempat naik sebelum puasa karena meugang, itu bisa kita terima karena soal adat istiadat," ujar Ramli, Senin (28/5/2018).

Komoditas daging ayam juga turun dengan harga jual saat ini Rp20 ribu perkilogram dan harga cabai merah Rp20 ribu perkilogram.

Lanjut Ramli, harga daging ayam dan cabai stabil karena pasokan dari perusahaan cukup sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat.

Di samping itu harga beras premium cukup terkendali di Rp12 ribu perkilogram dan beras medium dijual seharga Rp9.300 perkilogram.

Laporan Perum Bulog Aceh, stok beras di gudang Bulog Aceh sendiri mencapai 16.547 ton.

Ia berharap tidak ada pengusaha yang menimbun barang untuk menaikkan harga di pasar, karena jika ditemukan akan ditindak secara hukum.

"Himbauan untuk pelaku usaha di Aceh, tidak perlu menahan pasokan untuk melambungkan harga, wajar-wajar saja karena ini untuk kepentingan ummat, karena kalau ada ditemukan [penimbunan barang] akan diperkarakan melalui hukum," ujar Ramli.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh harga sembako
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top