Tanoto Foundation Resmikan Perpustakaan ke-2 Program 1Emas1Perpustakaan di SD Airlangga Medan

Tanoto Foundation meresmikan pengembangan perpustakaan sebagai kelanjutan implementasi program 1Emas1Perpustakaan. 
Ropesta Sitorus | 07 Desember 2018 14:33 WIB
Bisnis.com, MEDAN – Tanoto Foundation meresmikan pengembangan perpustakaan sebagai kelanjutan implementasi program 1Emas1Perpustakaan. 
Program tersebut merupakan kampanye Tanoto Foundation sebagai sponsor resmi Asian Games 2018, yang mana setiap satu medali emas yang diraih oleh kontingen Indonesia, Tanoto Foundation akan mengembangkan satu perpustakaan di sekolah mitra.
Kali ini, peresmian diadakan di SD Airlangga, Medan, Sumatera Utara. Global CEO Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo, mengatakan perpustakaan di SD Airlangga tersebut merupakan perpustakaan ke-2 yang dikembangkan Tanoto Foundation.
Sebelumnya, pada bulan September 2018 lalu, Tanoto Foundation juga meresmikan pengembangan perpustakaan pertama di SDN 011 Sering Barat, Pangkalan Kerinci, Riau.
"Kami akan mengembangkan 31 perpustakaan sesuai dengan jumlah medali emas yang diraih tim Indonesia dalam Asian Games 2018. Untuk itu, kami ingin berterima kasih kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang meraih medali emas serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," ujarnya di kompleks Perguruan Airlangga / Suci Murni, Medan, Jumat (7/12/2018).
Dia mengatakan program 1Emas1Perpustakaan juga merupakan salah satu wujud kepedulian Tanoto Foundation terhadap rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. 
Mengutip riset World’s Most Literate Nation 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang disurvei dalam hal budaya baca. Sementara itu, menurut riset UNESCO pada 2011, hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca. 
“Minat baca anak Indonesia harus dipupuk sejak dini. Kami berharap melalui pengembangan perpustakaan dan metode pembelajaran aktif akan dapat membantu siswa dalam mempercepat kesetaraan peluang untuk meeningkatkan hidupnya di masa yang akan datang,” ujar Satrijo.
Dalam peresmian kali ini, Tanoto Foundation menghadirkan Jafro Megawanto, atlet peraih medali emas dari cabang paralayang dan Diananda Choirunisa peraih perak cabang panahan Asian Games 2018. 
Keduanya ikut berbagi inspirasi dengan murid-murid SD Airlangga. Mereka juga membacakan buku cerita dan bermain sambil belajar. 
“Saya bangga bisa berperan dalam program 1emas1perpustakaan ini. Berkat Tanoto Foundation, medali emas yang saya raih dalam Asian Games 2018 juga bermanfaat bagi peningkatan literasi anak-anak Indonesia. Saya percaya bahwa semakin tinggi tingkat literasi siswa dan juga semangat mereka untuk bekerja keras, maka semakin besar pula peluang mereka dalam menggapai cita-citanya," ujarnya.
Tanoto Foundation telah menjalankan kegiatan kampanye peningkatan minat dan kemampuan membaca anak-anak Indonesia sejak 2010. Melalui kegiatan ini, Tanoto Foundation telah merenovasi dan membangun perpustakaan di 186 sekolah, mendonasikan lebih dari 32.000 buku, dan melatih lebih dari 1.800 guru dalam mengelola perpustakaan di wilayah pedesaan di Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatera Utara.
Tag : tanoto foundation, perpustakaan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top