Pemprov Sumut Dukung Usaha Pengolahan Sampah Swadaya

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung usaha pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya.
Tumpukan sampah/Ilustrasi
Tumpukan sampah/Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung usaha pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. 

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah ketika menerima audiensi pelaku usaha pengolahan sampah, Rena, di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (16/11/2018).

“Pada prinsipnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mendukung usaha pengelolaan sampah yang dilakukan masyarakat. Selain lingkungan menjadi bersih dan sehat, juga dapat menjadi penghasilan tambahan,” ujarnya. 

Musa meminta Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sumut untuk menjalin kerja sama dengan kelompok-kelompok usaha masyarakat yang bergerak di bidang pengolahan sampah. Selain itu, juga melakukan pembinaan dan pendampingan sehingga kelompok-kelompok usaha tersebut semakin produktif melakukan pengolahan sampah.

Upaya pengolahan sampah tersebut pun perlu disosialisasikan lebih luas ke masyarakat agar semakin banyak yang terlibat. Dengan demikian, semakin banyak sampah yang dapat diolah, lingkungan semakin bersih dan sehat, serta semakin banyak pula masyarakat yang akan terbantu perekonomiannya.

Sebelumnya, salah satu pengolah sampah di Medan, Rena, menyampaikan selama ini pihaknya sudah berhasil melakukan pengolahan sampah lingkungan menjadi produk bernilai jual, salah satunya arang. Namun, masih menggunakan peralatan manual, yaitu ditumbuk dan diayak, kemudian disimpan serta dikumpulkan sebelum dijual.

“Karena masih menggunakan alat manual, jadi kapasitas pengolahannya masih terbatas. Juga sulit untuk memenuhi permintaan pasar,” ungkapnya, yang memiliki unit pengolahan sampah di Komplek ITM Jalan Bajak II Marindal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper