Tifatul Sembiring Khatib Salat Id di Sumbar

Oleh: Heri Faisal 14 Juni 2018 | 10:08 WIB
Tifatul Sembiring Khatib Salat Id di Sumbar
Tifatul Sembiring/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memastikan pelaksanaan salat id untuk Idulfitri 1439 H dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Sekretaris Daerah Sumbar Ali Asmar yang juga Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) mengatakan pelaksanaan salat id dipusatkan di halaman kantor gubernur setempat dan dialihkan ke Masjid Raya Sumbar jika terjadi hujan.

“Seperti biasa, kami pusatkan di halaman kantor gubernur hingga halaman istana gubernuran, karena bisa menampung hingga 10.000 jemaah,” katanya, Kamis (14/6/2018).

Dia menyebut lokasi itu memang dipilih karena tempatnya yang luas, dan bisa menampung jemaah hingga 10.000 orang. Namun persoalan di kawasan itu hanya keterbatasan lokasi parkir bagi masyarakat.

Guna mengantisipasi minimnya parkir, dia menyebutkan sudah menginstruksikan seluruh kantor milik pemda dibuka sebagai lokasi parkir.

“Parkiran kantor gubernur hingga ruas jalan di belakang kantor, jalan Mangunsarkoro dan Ujung Gurun juga bisa dijadikan lokasi parkir,” ujarnya.

Selain menyiapkan lokasi utama untuk pelaksanaan salat id itu, pemerintah setempat juga menyiapkan Masjid Raya Sumbar sebagai lokasi alternatif pelaksanaan salat Idulfitri di daerah itu.

Adapun, yang didaulat menjadi khatib dalam salat id di halaman kantor gubernur Sumbar adalah mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya