Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Event Besar, Kunjungan Wisman ke Riau Agustus 2024 Capai 38.827 Orang

Sejak pandemi Covid-19, sektor pariwisata di Provinsi Riau perlahan bangkit.
Objek wisata Kota Tanjung Pinang
Objek wisata Kota Tanjung Pinang

Bisnis.com, PEKANBARU-- Provinsi Riau mencatatkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Agustus 2024, dengan kenaikan 1,20% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Kepala BPS Provinsi Riau, Asep Riyadi mengatakan dari data pihaknya, kunjungan wisman di Agustus mencapai 38.827, naik dari 38.365 kunjungan pada Juli.

"Kunjungan wisman ke Riau pada Agustus 2024 naik dari bulan sebelumnya, dengan total 38.827 kunjungan," ujar Kamis (3/10/2024). 

Dia menyebutkan meskipun kenaikan hanya sekitar 462 kunjungan, tren ini menunjukkan pemulihan yang berkelanjutan setelah pandemi.

Asep menambahkan, sejak pandemi Covid-19, sektor pariwisata di Riau perlahan bangkit. Sebelum pandemi, pada 2019, jumlah kunjungan Wisman mencapai 328.590 pengunjung.

Namun, pada 2020-2021, angka tersebut menurun drastis selama pandemi. Kemudian pada 2022, wisman yang datang ke Riau mencapai 234.430 pengunjung, dan pada 2023 melonjak signifikan sebesar 68,31% menjadi 394.550 kunjungan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, menambahkan peningkatan kunjungan wisman pada Agustus 2024 tak lepas dari banyaknya event besar yang digelar. 

"Event-event besar yang kami adakan, baik skala nasional maupun internasional, menjadi magnet bagi wisman untuk datang ke Riau," jelas Roni.

Dinas Pariwisata Riau terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dengan menggelar lebih banyak acara berskala internasional dan meningkatkan promosi destinasi wisata unggulan. 

Dengan tren peningkatan yang stabil, pihaknya optimistis pariwisata Riau akan terus menjadi daya tarik bagi wisman di tahun-tahun mendatang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper