Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggota KPU 11 Kabupaten dan Kota di Riau Resmi Dilantik

Pelantikan ini dilakukan untuk menggantikan anggota KPU sebelumnya yang telah berakhir masa jabatannya pada awal bulan Maret lalu.
KPU
KPU

Bisnis.com, PEKANBARU -- Seluruh anggota KPU di 11 Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau resmi dilantik di Ruang Rapat Utama KPU pusat, Jalan Imam Bonjol No. 29 Jakarta.

Pelantikan ini dilakukan untuk menggantikan anggota KPU sebelumnya yang telah berakhir masa jabatannya pada awal bulan Maret lalu. Sedangkan KPU Kabupaten Kepulauan Meranti belum dilantik, karena menunggu berakhirnya masa jabatan anggota KPU sekarang pada April 2024.

Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan menyampaikan bahwa setelah dilantik, anggota KPU di 11 Kabupaten/Kota langsung menandatangani pakta integritas dan melaksanakan pleno tertutup untuk memilih ketua.

“Mewakili KPU Provinsi Riau, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota KPU Kab/Kota di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau," ujarnya Senin (25/3/2024).

Menurutnya sejak telah dilantiknya anggota KPU Kab/Kota di 11 daerah tersebut, maka berakhir pula masa pengambil alihan 11 KPU Kab/Kota oleh KPU Riau. Saat ini 11 KPU Kab/kota telah memiliki pimpinan masing-masing yang telah diangkat sumpah janjinya pada Ahad (24/3/2024) kemarin.

Rusidi menyebutkan, telah meminta pimpinan KPU Kab/Kota di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau melakukan konsolidasi internal bersama sekretariat. Kemudian membangun tim solid, menghadapi tahapan pemilu yang masih tersisa, dan menyiapkan Pilkada 2024 dengan sangat baik.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari sebelumnya menyampaikan pesan kepada anggota KPU yang baru dilantik agar bekerja dengan berpegangan pada ketentuan perundang-undangan dan aturan terkait pemilu.

Dia juga menekankan pentingnya disiplin, kekompakan, dan kerja sama dengan stakeholder untuk mendukung kerja-kerja kepemiluan.

“Anggota KPU yang baru dilantik agar dapat bekerja dengan berpegangan pada ketentuan perundang-undangan maupun aturan yang berkaitan dengan pemilu," ujarnya.

Dia menyebut KPU merupakan organisasi yang bersifat nasional dan hierarkis, organisasi yang terdiri dari komisioner dan sekretariat serta organisasi yang bersifat layanan. Oleh karena itu, disiplin, kekompakan, kerja sama dengan stakeholder dibutuhkan untuk mendukung kerja-kerja kepemiluan.

Hasyim juga berpesan kepada anggota KPU yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan ritme kerja kepemiluan dan Pilkada, serta menyiapkan mental, jasmani, dan rohani dengan tetap berdoa kepada Tuhan YME.

Selain itu pada pelantikan acara tersebut turut dihadiri oleh anggota KPU Parsadaan Harahap, August Mellaz, Idham Holik, dan Betty Epsilon Idroos, jajaran Pejabat Eselon I dan II di Lingkungan KPU serta Ketua, Anggota, Sekretaris dari KPU yang dilantik.

(Niki Aulia Sandi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper