Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan, Produksi dan Stok BBM Wilayah Sumbagut Aman

PT KPI Unit Dumai dan PT Pertamina Patra Niaga (PPN) kembali mengambil peran menjadi bagian satuan tugas (Satgas) kesiapan Ramadan dan Idulfitri di Pertamina.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Jelang Ramadan dan Idulfitri (Rafi) 2024, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Dumai dan PT Pertamina Patra Niaga (PPN) kembali mengambil peran menjadi bagian satuan tugas (Satgas) kesiapan Ramadan dan Idulfitri di Pertamina. 

Eksekutif General Manager PT PPN Regional Sumbagut Freddy Anwar menyampaikan peran penting dari Kilang Dumai dan Sei Pakning yang memproduksi BBM dan Avtur dengan total kapasitas 170.000 barel per hari. 

"Keberadaan Kilang Dumai sangat vital karena mampu mengcover sekitar 18% kebutuhan BBM dan Avtur nasional. Supply BBM dari Kilang Dumai ini disalurkan ke Integrated Terminal Dumai menggunakan pipa dan disalurkan juga ke beberapa Fuel Terminal di beberapa provinsi wilayah Sumatera Bagian Utara, untuk kemudian didistribusikan ke masyarakat oleh PT Pertamina Patra Niaga," ungkapnya, Jumat (16/2/2024).

Sementara itu, Senior Manager Operation and Manufacturing KPI RU Dumai Rudi Hartono menyatakan bahwa saat ini Kilang Dumai dan Sei. Pakning beroperasi dalam kapasitas optimum, guna menjamin ketersediaan BBM dan Avtur selama periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini. 

"Berbagai upaya telah disiapkan dan dilakukan oleh PT KPI Unit Dumai sebagai bentuk mitigasi keandalan kilang sehingga dapat memproduksi BBM dan Avtur sebagaimana yang telah direncanakan," ungkapnya.

Rapat koordinasi ini selain dihadiri oleh perwakilan dari kedua perusahaan, juga dihadiri oleh perwakilan dari PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) Regional 1, PT Pertamina Lubricants serta beberapa stakeholder terkait. 

Rapat koordinasi kedua Sub Holding Pertamina ini membahas langkah-langkah yang akan diambil untuk memastikan ketersediaan BBM dan avtur selama periode penting ini, di mana permintaan biasanya meningkat secara signifikan.

Beberapa poin penting yang dibahas dalam rapat koordinasi ini diantaranya analisis data dan trend permintaan BBM dan Avtur selama periode Ramadan dan Idulfitri tahun sebelumnya, ketersediaan stock yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dengan memperhitungkan faktor-faktor seperti peningkatan mobilitas selama libur, serta strategi distribusi dan logistik guna memastikan pasokan BBM dan Avtur dapat tersalurkan dengan lancar ke berbagai titik di wilayah Sumbagut.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU II Dumai Agustiawan yang juga hadir dalam rapat koordinasi ini mengatakan, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi kepada pihak terkait, termasuk pemerintah dan institusi terkait lainnya, guna memastikan kelancaran proses distribusi dan mengatasi potensi hambatan yang kemungkinan terjadi. 

"Kami terus memastikan infrastruktur penyimpanan dan distribusi dalam kondisi baik serta meningkatkan pengawasan terhadap proses penyimpanan dan distribusi untuk mencegah kendala yang tidak diharapkan," ungkapnya.

Setelah melalui diskusi yang mendalam, kedua belah pihak sepakat untuk mengambil langkah-langkah proaktif guna memastikan pasokan BBM dan avtur yang memadai di wilayah Sumbagut selama periode Ramadan dan Idulfitri.

Rapat koordinasi ini dianggap sebagai langkah yang penting dalam memastikan ketersediaan energi yang cukup bagi masyarakat Sumbagut.

“Semoga keandalan dan keamanan Kilang Dumai tetap terjaga, sehingga Kilang Dumai dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia”, pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler