Gelar SMEXPO 2023 di Pekanbaru, UMKM Pertamina Melangkah Global

Sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bakal tampil pada kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru, Riau.
Foto: Gelar SMEXPO 2023 di Pekanbaru, UMKM Pertamina Melangkah Global
Foto: Gelar SMEXPO 2023 di Pekanbaru, UMKM Pertamina Melangkah Global

Bisnis.com, Pekanbaru – Sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bakal tampil pada kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru, Riau. Para pelaku usaha memamerkan produk unggulannya sebagai wujud kesiapan melangkah ke pasar global.


Pertamina SMEXPO digelar mulai Rabu, 15 November hingga Sabtu, 19 November 2023 di Atrium Utama Living Word, Pekanbaru. Kegiatan ini akan diikuti oleh 35 UMKM binaan sejumlah anak perusahaan Pertamina dari berbagai kategori seperti produk fesyen, makanan dan minuman, furniture, kriya dan agrobisnis.


Delapan UMKM di antaranya merupakan binaan PHR yakni Graha Pratama Fish, Kampung Patin, Kampar. Kemudian Tambul Lomak, Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok, Batik Mandau, Umah Oleh-Oleh Bagan Siapiapi, Rumah Tamadun, Canting Batik Tulis Riau, Riau Craft and Fashion.


Pertamina SMEXPO 2023 mengusung tema ‘Melangkah Dari Lokal ke Global’ bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM dan masyarakat menggunakan marketplace smexpo.pertamina.com sebagai sarana berjualan dan berbelanja secara digital. SMEXPO sekaligus sebagai tempat belajar para pelaku UMKM dalam menggunakan marketplace sebagai wadah untuk memperluas jangkaun pasar.

Gelar SMEXPO 2023 di Pekanbaru, UMKM Pertamina Melangkah Global


“Kami berharap melalui event ini produk lokal dapat tampil dan diminati oleh masyarakat luas,” kata Manager External Communication and Stakeholder Relation (ECSR) South PHR WK Rokan, Wan Dedi Yudishtira, Senin (13/11/2023).


Acara SMEXPO diisi dengan berbagai kegiatan dan terbuka untuk umum seperti dialog bisnis, pelatihan, marketplace, fashion show dan banyak hiburan lainnya: live music dari artis ibu kota dan yang tak kalah menarik yakni festival dan kompetisi kopi.
Lewat event ini, UMKM diharapkan dapat segera naik kelas melalui keterampilan dan pengembangan produk. SMEXPO hadir melalui marketplace hingga event hybrid yang diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi para mitra binaan pertamina menuju Go Online dan Go Global.


SMEXPO akan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital yang digabungkan dengan nilai kreasi, pemberdayaan dan sumber daya manusia berkualitas. “Kami mengajak masyarakat Pekanbaru beramai-ramai mengikuti acara ini dan memberi dukungan UMKM dengan menggunakan produk lokal,” ucap Wan Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper