Daftarkan Bacaleg di KPU Sumbar, Gerindra Targetkan Raup Suara Terbanyak

Gerindra mendartarkan bacalegnya ke KPU Sumbar dan menargetkan meraup suara terbanyak pada Pemilu 2024
Daftarkan Bacaleg di KPU Sumbar, Gerindra Targetkan Raup Suara Terbanyak. Rombongan Partai Gerindra saat tiba di Kantor KPU Sumatra Barat, Minggu (14/5/2023). Bisnis/Muhammad Noli Hendra
Daftarkan Bacaleg di KPU Sumbar, Gerindra Targetkan Raup Suara Terbanyak. Rombongan Partai Gerindra saat tiba di Kantor KPU Sumatra Barat, Minggu (14/5/2023). Bisnis/Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Partai Gerindra mendaftarkan bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat di hari terakhir masa pendaftaran Pemilu 2023, Minggu (14/5/2023). 

Ketua Bappilu DPD Gerindra Sumbar, Hidayat yang memegang kuasa Ketua DPD untuk pendaftaran bacaleg mengatakan pada Pemilu 2019 Gerindra menjadi partai teratas dalam perolehan suara. Sehingga pada Pemilu 2024, Gerindra menargetkan perolehan suara yang lebih baik.

"Gerindra akan terus berjuang untuk Sumbar ini. Kondisi Sumbar yang kami lihat, kepemimpinan saat ini lemahnya koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat, sehingga membuat pembangunan di daerah ini tak bergerak. Makanya kami tetap berjuang, dan menargetkan Gerindra kembali menang," katanya usai melakukan pendaftaran bacaleg ke KPU Sumbar di Padang.

Sejalan dengan target lokal, kata Hidayat, selain ingin memenangkan Pemilu 2024 di Sumbar, target yang lebih besar adalah memastikan seluruh kader dan komponen Partai Gerindra se-Sumatra Barat selalu berikhtiar penuh untuk meyakinkan pemilih tetap setia bersama Partai Gerindra dan Prabowo Subianto.

“Kita yakin bahwa masyarakat Sumbar akan tetap bersama Partai Gerindra," ujarnya.

Menurut Hidayat, pilihan memenangkan Gerindra adalah langkah tepat dan lebih strategis, karena dengan begitu pembangunan Sumbar bisa jauh lebih maju dibanding saat ini.

“Kita tak bisa menutup mata, karena sampai hari ini tidak ada pergerakan berarti dalam pembangunan Sumbar. Memilih dan memenangkan Gerindra adalah solusi agar terjadi perubahan besar,” tegas dia.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DPD Gerindra Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman juga mengatakan, selain memajukan seluruh incumbent dan keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen, bakal caleg dari Gerindra juga didominasi dari kalangan anak muda milenial di berbagai dapil kabupaten kota dan provinsi yang jumlahnya mencapai 25 persen.

Di Sumbar, Gerindra adalah pemenang pada Pemilu 2019 lalu. Ketika itu, Gerindra meraup 17,48 persen atau 476.987 suara, dari total suara sah 2.728.323 suara pemilih. 

Angka ini jauh  mengungguli PKS (14,28 persen), Partai Demokrat (13,07 persen) dan PAN (12,69 persen) yang masing-masing berada di peringkat kedua, 3 dan 4.

Dari 65 kursi DPRD Sumbar, 14 dikuasai Gerindra. Sedangkan PKS, PAN dan Demokrat masing-masing 10 kursi.

Selain menang Pileg, pasangan Calon Presiden yang diusung Gerindra, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno juga menang besar di Sumbar.

Prabowo-Sandi memperoleh 2.488.733 suara atau 85,92 persen. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapat 407.761 suara atau 14,08 persen.

Selain itu, pada pendaftaran bacaleg ke KPU Sumbar ini, rombongan Gerindra yang terdiri dari bakal caleg, organisasi sayap partai seperti Tidar dan Satria.

Iring-iringan bergerak dari titik kumpul di dekat Gedung Pramuka. Rombongan berjalan kaki dengan diiringi suara tim rebana. Sampai di Kantor KPU dan sebelum masuk ke ruang pendaftaran, rombongan melakukan doa bersama. 

Rombongan Partai Gerindra saat tiba di Kantor KPU Sumatra Barat, Minggu (14/5/2023). Bisnis/Muhammad Noli Hendra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper