Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Banjir Rob di Medan Berpotensi Terjadi sampai 26 Januari

BMKG memberi peringatan dini rob atau pasang air laut yang mempengaruhi wilayah pesisir Belawan pada 19 - 26 Januari 2023.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Januari 2023  |  21:00 WIB
Banjir Rob di Medan Berpotensi Terjadi sampai 26 Januari
Warga melintasi genangan air akibat banjir rob di Bagan Deli, Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (25/10/2022). - Dok Antara
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan banjir pasang air laut (rob) terjadi di pesisir Kota Medan, Sumatera Utara, saat fenomena super new moon atau fase bulan baru.

"Fenomena 'super new moon' yang terjadi bersamaan dengan fenomena 'perigee' (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 21 Januari menyebabkan terjadi banjir pesisir atau rob," ucap Kepala BMKG Maritim Belawan, Sugiyono di Medan, Senin (23/1/2023).

Ia menyebutkan, pihaknya telah memberi peringatan dini rob atau pasang air laut yang mempengaruhi wilayah pesisir Belawan pada 19 - 26 Januari 2023.

"Banjir pesisir terjadi pada pukul 00.00 - 4.00 WIB dan 15.00 - 17.00 WIB setiap hari dengan pasang tertinggi diperkirakan mencapai 2,6 meter," terang dia.

Ia mengatakan ketinggian pasang air laut tersebut diukur dari surut terendah, khususnya di wilayah perairan Belawan, Medan, Sumut.

Sugiyono juga mengungkapkan potensi banjir pesisir di perairan Belawan ini secara umum akan berdampak terganggunya transportasi di sekitar Pelabuhan Belawan.

Di antaranya aktivitas bongkar muat, aktivitas di pemukiman wilayah pesisir, aktivitas tambak udang dan perikanan darat.

Rob melanda wilayah pesisir Belawan meliputi 10 kelurahan di tiga kecamatan, yakni enam kelurahan di Medan Belawan, dan masing-masing dua kelurahan di Medan Labuhan serta Medan Marelan.

"Kami imbau masyarakat selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak banjir pesisir serta memperhatikan 'update' informasi cuaca maritim dari BMKG," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medan banjir sumut

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top