Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terhitung 1 Desember 2022, Pertamina Uji Coba Penerapan QR Code di Payakumbuh

Hal ini dilakukan agar pendistribusian BBM subsidi lebih termonitor tepat sasaran dan tepat volume
Pegawai SPBU tengah melayani pengendara untuk pendaftaran MyPertamina di area SPBU Ngalau, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, Jumat (1/7/2022)/Bisnis-Muhammad Noli Hendra
Pegawai SPBU tengah melayani pengendara untuk pendaftaran MyPertamina di area SPBU Ngalau, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, Jumat (1/7/2022)/Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam waktu dekat akan melakukan uji coba penerapan Program Subsidi Tepat secara menyeluruh (full cycle) atau menggunakan Kode QR untuk BBM subsidi di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, penerapannya dilaksanakan pada 1 Desember 2022. Hal ini dilakukan agar pendistribusian BBM subsidi lebih termonitor tepat sasaran dan tepat volume.

"Kami sudah melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat. Uji coba penerapan program ini secara menyeluruh akan dilaksanakan di Kota Payakumbuh pada 1 Desember 2022," kata Satria, dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Dia menjelaskan, masyarakat diharapkan segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website MyPertamina.

"Jadi setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapat Kode QR yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website tersebut. Kode QR bisa dicetak (print out) untuk digunakan di SPBU Pertamina. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat atau lebih," jelasnya.

Dikatakannya di dalam satu akun di website itu dapat mendaftarkan beberapa kendaraan, sehingga satu akun dapat memiliki beberapa Kode QR sesuai kendaraan yang didaftarkan.

Menurut Satria, konsumen Biosolar roda empat yang telah terdaftar dalam program subsidi tepat sebesar 10,3 persen dari populasi sebanyak 4.127 kendaraan roda empat di Kota Payakumbuh.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka.

Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan untuk konsumen layanan umum atau non-kendaraan juga menyiapkan Foto Surat Rekomendasi dan Foto KIR.

"Sebagai upaya mempermudah konsumen kami untuk melakukan pendaftaran, kami membuka booth konsultasi pendaftaran di SPBU-SPBU Pertamina," sebutnya.

Seperti diketahui, ketentuan untuk pengguna yang berhak membeli BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Selain itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper