Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Dampak Naiknya Harga BBM, Riau Siapkan Rp7 Miliar

Bantuan perlindungan sosial tersebut diberikan kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM dan juga akibat inflasi yang tinggi.
Ilustrasi pencairan BLT./Antara-Prasetia Fauzani
Ilustrasi pencairan BLT./Antara-Prasetia Fauzani

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyediakan anggaran bantuan perlindungan sosial senilai Rp7 Miliar, untuk tindaklanjut arahan pemerintah pusat mengantisipasi dampak naiknya harga BBM bersubsidi.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto mengatakan, bantuan perlindungan sosial tersebut diberikan kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM dan juga akibat inflasi yang tinggi.

"Dari hasil pembahasan sementara kami, Pemprov Riau menyediakan anggaran untuk bantuan perlindungan sosial Rp7 miliar. Anggaran ini diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 2 persen, diperuntukkan guna membantu masyarakat terdampak selama tiga bulan," ujarnya, Rabu (7/9/2022).

Dia mengakui saat ini pemda sedang membahas berapa besaran dana bantuan yang akan disalurkan, kepada masyarakat atau rumah tangga yang berhak menerimanya.

Kemudian untuk jumlah penerima bantuan itu, hingga kini juga masih dilakukan pendataan oleh pihak terkait. Menurutnya pemda akan mengakomodir masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM, tapi belum masuk daftar penerima bantuan dari pemerintah pusat.

Daftar penerima yang akan mendapat bantuan di antaranya berprofesi sebagai tukang ojek, pelaku jasa angkutan umum, kemudian profesi lain yang merasakan dampak langsung naiknya harga bensin dan solar bersubsidi.

"Untuk siapa saja penerimanya masih didata, yang jelas yang tidak menerima bantuan perlindungan sosial dari pemerintah pusat. Seperti tukang ojek, pelaku jasa transportasi dan lainnya yang terdampak kenaikan harga BBM dan inflasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper