Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT SBI Belajar Benchmarking Pengembangan Plant Optimizer ke Semen Padang

Tim dari PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) melaksanakan benchmarking dan sharing knowledge untuk melihat inisiatif digitalisasi yang ada di PT Semen Padang.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  14:30 WIB
PT SBI Belajar Benchmarking Pengembangan Plant Optimizer ke Semen Padang
Fasilitas kiln atau pembakar semen di Pabrik Indarung 1 milik PT Semen Padang. Pabrik Indarung 1 berhenti beroperasi penuh pada 1999. - Dwi Nicken Tari
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Tim dari PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) melaksanakan benchmarking dan sharing knowledge untuk melihat inisiatif digitalisasi yang ada di PT Semen Padang.

Kedatangan tim SBI disambut Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra, di ruang rapat Kantor Bagonjong PT Semen Padang.

"Kami sangat senang mendapat kunjungan dari Direksi SBI. Karena telah memilih PT Semen Padang sebagai tempat benchmarking dan sharing knowledge dalam hal belajar dan menggali layanan digitalisasi pabrik," katanya, Kamis (21/9/2022)

Dia menyebutkan PT Semen Padang dengan SDM internal telah mengembangkan dan mengimplementasikan plant optimizer di pabrik Indarung IV dan V. Sementara pabrik Indarung VI menggunakan PXP dari OEM FLSmidth.

Arif mengatakan, berdasarkan performance test plant optimizer yang dibuat Semen Padang di Cement Mill pabrik Indarung IV memberikan efisiensi power consumption lebih tinggi dibandingkan dengan plant optimizer buatan OEM di pabrik Indarung VI.

"Untuk pengembangan plant optimizer di SBI, Semen Padang siap membantu dalam bentuk replikasi teknologi serta konsultasi," ujarnya.

Arif juga mengatakan, kedatangan rombongan SBI bisa sebagai wadah untuk sharing knowledge demi kemajuan bersama, sehingga dapat mendukung perkembangan sistem otoritas dan digitalisasi pabrik di kedua perusahaan, ke depannya.

"Kunjungan SBI ini merupakan tindak lanjut Rapat Koordinasi Direktorat Produksi SIG tentang Penerapan Best Practice setiap Opco," jelasnya.

Kepala Management dan Operation Support SBI Bisrul Alamsjah pada kesempatan itu mengatakan kedatangannya dan rombongan guna melihat apa saja dalam hal digitalisasi pabrik yang telah dilakukan PT Semen Padang, karena dari informasi yang didapat, bahwa di sini sudah cukup advance untuk pengembangan digitalisasi dan otorisasi pabrik.

"Kita akan fokus berdiskusi mengenai otoritas dan digitalisasi sistem pabrik, seperti advance proses kontrol yang dibuat oleh PT Semen Padang secara mandiri, nanti kita coba implementasikan di tempat kita," kata Bisrul.

Selain itu, Bisrul juga berharap bisa melihat persiapan PT Semen Padang untuk menghadapi Sertifikasi Industrial Digital 4.0 yang sudah digagas oleh SIG Group, sehingga nantinya juga bisa diaplikasikan di SBI.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (83,52 persen) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari Semen Indonesia Group- produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat.

Perseroan mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2,400 orang. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen padang
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top