Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diskominfo OKI Gandeng Toko Daring Mbizmarket untuk Transaksi Digital

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir menggandeng toko daring, Mbizmarket, untuk menjadi penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik atau PPMSE di lingkungan pemerintah kabupaten tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  14:58 WIB
Diskominfo OKI Gandeng Toko Daring Mbizmarket untuk Transaksi Digital
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI menggelar sosialisasi terkait kerjasama dengan toko daring MBizmarket untuk belanjaa pengadaan langsung secara online. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir menggandeng toko daring, Mbizmarket, untuk menjadi penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik atau PPMSE di lingkungan pemerintah kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir (Diskominfo OKI) Adi Yanto mengatakan melakukan percepatan transaksi digital untuk belanja langsung.

“Khususnya belanja publikasi di media massa melalui belapengadaan,” katanya, Senin (13/6/2022).

Adi mengatakan Pemkab OKI menjadi pelopor untuk transaksi digital belanja pemerintah melalui platform Belapengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) RI. 

Implementasi Belapengadaan, menurut Adi, sesuai dengan strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK) Rencana Aksi 2021-2022 terkait implementasi e-payment dan e-katalog. 

Oleh karena itu, Pemkab OKI telah melakukan sosialisasi dan melatih para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan (PP), Bendahara serta pelaku usaha UMKM di Kabupaten OKI sejak 6 Juni 2022.

Sekretaris Daerah OKI Husin mengatakan tujuan implementasi PPMSE di OKI selain mendorong akuntabiltas dan transparansi belanja pemerintah, juga  membantu UMKM memperluas pasar  ke sektor pemerintah melalui platform 'Bela Pengadaan'.

"Bagian upaya kita mendorong transparansi dan akuntabilitas belanja pemerintah juga mengembangkan UMKM lokal,” katanya.

Sehingga, dia menambahkan, pasar UMKM kini juga diperluas untuk bisa ikut dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Ini tentunya juga untuk menguntungkan UMKM.

Manajer MBizmarket area Sumatra Anugrah Alridwan mengatakan M Bizmarket telah dipercaya menjadi salah satu e-merchant (mitra toko daring) LKPP dalam Portal Bela Pengadaan. 

Lewat toko daring tersebut, berbagai kebutuhan lembaga pemerintahan dapat diakses secara mudah dan praktis, yang selanjutnya akan dilayani oleh M Bizmarket dan para mitra.

"Ini wujud dukungan kami dalam mendukung pemerintah daerah juga keberlangsungan usaha UMKM. Ini peluang untuk memperluas akses pasar sehingga UMKM bisa menjangkau lebih banyak pelanggan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ogan komering ilir
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top