Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agenda Olahraga di Tengah Pandemi, Muba Gelar Kejurnas Motoprix Tanpa Penonton

Agenda kompetisi otomotif mulai bergulir di daerah dengan konsep tanpa penonton untuk memenuhi protokol kesehatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 19 September 2021  |  18:15 WIB
Sejumlah pembalap mengikuti Kejurnas Motoprix Region 3 Sumsel Piala Presiden 2021, di Sirkuit Skyland Sekayu, Muba.  - Bisnis/Dinda Wulandari
Sejumlah pembalap mengikuti Kejurnas Motoprix Region 3 Sumsel Piala Presiden 2021, di Sirkuit Skyland Sekayu, Muba. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, MUSI BANYUASIN – Agenda kompetisi otomotif mulai bergulir di daerah dengan konsep tanpa penonton untuk memenuhi protokol kesehatan.

Salah satunya gelaran balap motor, Kejuaraan Nasional Motoprix Region A Putaran 3 Sumatra Selatan, yang berlangsung di Sirkuit Internasional Skyland Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan agenda tersebut juga sebagai upaya pemda untuk kembali menggairahkan sektor wisata olahraga di tengah pandemi Covid-19.

“Muba dapat membuktikan bahwa event otomotif pun bisa berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, tanpa penonton di lapangan. Ini juga agenda yang pertama di Pulau Sumatra,” katanya, saat membuka Kejurnas Motoprix Piala Presiden 2021, Minggu (19/9/2021).

Beni mengemukakan, menggelar event Kejurnas Motoprix Piala Presiden bukan perkara mudah, terlebih saat ini meski pandemi Covid-19 terus melandai namun pada pelaksanaan protokol kesehatan harus benar-benar terlaksana dengan baik. 

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Muba yang dipercaya bertindak sebagai tuan rumah," ujarnya.

Dia mengatakan, meski digelar tanpa penonton namun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Muba dapat memfasilitasi antusiasme penonton yang bisa menyaksikan event tersebut secara live streaming.

"Bahkan tidak hanya penonton dari Muba saja, namun ribuan pecinta event balap motor dari seluruh Indonesia dapat menikmatinya,” ujarnya.

Beni berharap, pasca event Motoprix Piala Presiden RI 2021 itu dapat kembali menggelorakan agenda olahraga di Muba. 

"Kami ingin dapat kembali bangkit dari pandemi dan menjadi destinasi wisata olahraga di Indonesia,” katanya.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumsel Augie Bunyamin mengapresiasi fasilitas dan kesiapan Muba dalam menyukseskan event bergengsi Motoprix Region A Putaran 3 Sumsel Piala Presiden 2021. 

Augie menilai, Muba dapat menjadi barometer dan pilot project dengan telah berhasil menyukseskan event berskala nasional tersebut.

"Harapannya ini dapat menjadi rujukan daerah lain di Indonesia untuk dapat menyukseskan event besar saat pandemi dengan tidak mengenyampingkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Apresiasi terhadap suksesnya event Motoprix Piala Presiden RI 2021 di Sirkuit Internasional Skyland juga datang dari pembalap dari luar Provinsi Sumsel.

Salah satunya pembalap dari Provinsi Lampung, Priyo Abadi,  yang turun di klas 2 Tak 125 cc Underbone Open. Dia mengapresiasi kesiapan Muba dalam melaksanakan event level nasional di tengah pandemi. 

"Semoga daerah-daerah lain di Indonesia dapat juga menggelar event dengan sukses seperti Kabupaten Muba. Event berjalan sukses dan meriah tentu dengan prokes Covid-19 yang ketat," ujarnya. 

Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz, menambahkan, ajang tersebut diikuti sebanyak 192 pembalap Region Sumatra.

“Ada tiga kelas yang dilombakan yaitu, kelas kejurnas, pendukung atau supporting, dan lokal Muba,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musi banyuasin
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top