Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Semen Padang Optimalisasi Fasilitas Pengendalian Debu dan Limbah di Dumai

PT Semen Padang melakukan optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik di Cement Mill Dumai, di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.
Pabrik Semen Padang/SemenPadang.co.id
Pabrik Semen Padang/SemenPadang.co.id

Bisnis.com, PADANG - PT Semen Padang melakukan optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik di Cement Mill Dumai, di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam operasionalnya berwawasan lingkungan dan patuh (comply) terhadap peraturan perundang-undangan,” kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, melalui pesan tertulisnya di Padang, Kamis (25/2/2021).

Dia menjelaskan, proyek optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik itu telah dimulai sejak Juni 2020. Pada saat ini, sudah pada tahap comissioning dan ditargetkan running pada Juni 2021.

Kepala Unit of Dumai Plant PT Semen Padang Palman menambahkan proyek optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik itu terdiri dari modifikasi hopper dermaga dan penambahan dust suspression system (DSS), penambahan & modifikasi jet pulse filter (JPF) pada jalur belt transport, pemasangan expanded foam dan perkuatan struktur closed storage, pemasangan barikade angin di area open storage, dan pembangunan IPAL.

"Dengan adanya proyek kita berharap emisi debu dan limbah domestik yang timbul karena operasional bisa dikelola dan tidak melewati standar nilai ambang batas yang berlaku," ujarnya.

"Saat ini alat pengendalian debu dan limbah domestik itu masih tahap comissioning dan evaluasi hasil," katanya lagi.

Palman menegaskan Unit of Dumai Plant PT Semen Padang, akan terus berkomitmen untuk mewujudkan perusahaan ramah lingkungan, sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan persemenan yang andal, unggul dan berwawasan lingkungan di Indonesia bagian barat dan Asia Tenggara.

Cement Mill Semen Padang di Dumai memiliki kapasitas 900.000 ton per tahun. Melayani wilayah pemasaran PT Semen Padang di kawasan Riau Daratan, Riau Kepulauan dan Sumatera Utara yang berbatasan dengan Provinsi Riau.

Cement Mill Dumai mulai dibangun pada 21 Juni 2013 dan peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Wali Kota Dumai Khairul Anwar. Cement Mill Dumai ini merupakan pengembangan fasilitas packing plant yang telah ada di Dumai sejak Desember 2010.

“Pembangunan Packing Plant Cement Mill Dumai ini juga bertujuan untuk memenuhi tingginya permintaan semen di Pantai Timur Sumatra (Riau Daratan, Riau Kepulauan dan Sumatra Utara yang berbatasan dengan provinsi Riau," kata Palman. (k56).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper