Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Tanjabbar Ingin Status Jalan ke Pelabuhan Roro Ditingkatkan

Pelabuhan Ro-Ro Kualatungkal beroperasi sejak 21 Maret 2017 yang melayani kapal penyeberangan Kualatungkal—Dabo dan sebaliknya serta rute Batam dengan transit di Pelabuhan Dabo.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  14:12 WIB
Ilustrasi: Sejumlah truk yang akan menyeberang ke Sumatra antre masuk ke kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/5/2019). - ANTARA/Asep Fathulrahman
Ilustrasi: Sejumlah truk yang akan menyeberang ke Sumatra antre masuk ke kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/5/2019). - ANTARA/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, KUALATUNGKAL — Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi mendorong agar status jalan strategis menuju ke pelabuhan kapal penyeberangan Kualatungkal ditingkatkan menjadi jalan nasional.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanjabbar Safrial saat peresmian kantor dan rumah dinas Koramil 419-03/Tungkal Ilir di Kualatungkal, Kabupaten Tanjabbar, Kamis (21/1/2021).

Pada kesempatan itu, dia menyebutkan di jalur jalan yang melintas di Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir tersebut akan dibangun akses jalan strategis provinsi menuju pelabuhan kapal penyeberangan (roll-on/roll off) juga akan didorong menjadi jalan nasional.

Dengan alasan itu pula Pemkab Tanjabbar membangun kantor Koramil tersebut di jalur yang akan menjadi lintasan utama menuju pelabuhan yang juga ikon daerah itu.

"Ke depannya akan ada pembangunan akses jalan strategis provinsi menuju pelabuhan roro yang juga akan didorong menjadi jalan nasional," kata bupati.

Pelabuhan roro Kualatungkal beroperasi sejak 21 Maret 2017 yang melayani kapal penyeberangan Kualatungkal—Dabo dan sebaliknya serta rute Batam dengan transit di Pelabuhan Dabo.

Saat ini pelabuhan roro pertama dan satu-satunya di Provinsi Jambi tersebut menjadi pintu gerbang masuk ke provinsi dari perairan timur Jambi.

Kapal-kapal yang bersandar mengangkut produk pertanian baik dari dalam maupun keluar Kabupaten Tanjabbar serta menjembatani perniagaan antardaerah di wilayah Sumatra.

Di kawasan pelabuhan tersebut saat ini juga sudah terbangun posko Polair dan Posko AL Kualatungkal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal roro tanjung jabung

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top