Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Dorong Pemda Manfaatkan Lahan Kosong untuk Pertanian

Pemprov Sumatra Selatan mendorong pemerintah daerah di provinsi itu untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan pertanian.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan mendorong pemerintah daerah di provinsi itu untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan pertanian.

Seperti di Kota Lubuk Linggau, Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi adanya upaya pemkot yang memanfaatkan lahan eks Rumah Potong Hewan (RPH) menjadi lahan pertanian pangan seperti jagung, kedelai dan cabai. 

“Saya berharap inovasi seperti itu dapat menginspirasi kabupaten dan kota lain sehingga dapat meningkatkan produktivitas pangan di Sumsel,” katanya, Rabu (2/12/2020).

Menurut Deru, inisiasi walikota Lubuk Linggau yang menggandeng Kodim 0406 MLM cukup kreatif, pasalnya di lahan eks RPH ini banyak ditanami jagung dan kedelai. Bahkan cabai merah sudah siap dipanen. 

Hingga saat ini, kata dia, berdasarkan data dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel, total produksi cabai merah hingga 29 November 2020 sebesar 2.578 ton dengan luas tanam 7.094 hektare.

“Harapannya Sumsel bisa mencatatkan diri sebagai salah satu Provinsi dengan produksi pertaniannya yang berlimpah khususnya komoditas pertanian strategis,” jelasnya.

Selain mengoptimalisasikan lahan, Herman Deru juga menyerahkan Kartu Tani kepada sejumlah warga. Kartu tersebut menurutnya sangat berguna dan memiliki kelebihan tersendiri karena dapat diakses para petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Saya bangga bisa menyerahkan Kartu Tani ini. Semoga ini semakin memudahkan petani meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya,” kata dia. 

Untuk mendongkrak pertanian Sumsel sejumlah terobosan juga dilakukan Herman Deru sepanjang dua tahun memimpin Sumsel.

Yakni menggencarkan kucuran Kredit Usaha Rakyat Daerah (Kurda) hingga merekrut 1.000 tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk ditempatkan di seluruh kabupaten kota di Sumsel.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe, mengatakan pihaknya akan mengoptimalisasi lahan eks aset lainnya.

“Kami akan mencari lahan-lahan yang bisa dimanfaatkan untuk ditanami sehingga hasil pertanian warga dapat memenuhi kebutuhan dalam daerah,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper