Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Setop Operasi Kereta Rute Palembang-Linggau dan Palembang-Lampung

PT KAI Divre III Palembang menghentikan sementara perjalanan kereta api rute Palembang--Lubuk Linggau dan Palembang--Lampung per 1 April 2020.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  16:40 WIB
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api  - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, PALEMBANG – PT KAI Divre III Palembang menghentikan sementara perjalanan kereta api rute Palembang—Lubuk Linggau dan Palembang—Lampung per 1 April 2020.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan penyetopan operasional kereta tersebut untuk mendukung program pemerintah mencegah sebaran virus corona selama masa social distancing dan physical distancing.

“Imbauan pemerintah agar masyarakat mengurangi mobilitas untuk berpergian dan beraktifitas di rumah telah berpengaruh terhadap pergerakan penumpang kereta,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (31/3/2020).

Adapun penurunan okupansi yang signifikan terjadi pada KA Sindang Marga Kertapati-Lubuk Linggau (PP) dan KA Sriwijaya Kertapati-Tanjungkarang (PP), sehingga dilakukan penghentian sementara perjalanan kereta untuk keduanya.

“Dihentikan sementara karena okupansi penumpang sangat rendah di kisaran 15-20 persen, selain itu mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona agar tidak meluas,” katanya.

Sebelumnya, 30 Maret 2020, pihaknya telah menghentikan operasional KA Prabujaya relasi Kertapati – Prabumulih (PP).

Aida melanjutkan, bagi masyarakat yang telah melakukan reservasi/pemesanan tiket kereta tersebut, masyarakat dapat melakukan pembatalan tiket.

PT KAI telah menerapkan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket kereta api jarak jauh dan lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020. Caranya baik pembatalan secara online melalui aplikasi KAI Access atau secara langsung di stasiun keberangkatan.

Kebijakan ini merupakan salah satu langkah-langkah pencegahan virus COVID-19 telah dilakukan oleh PT KAI Divre III Palembang selain melakukan penyemprotan disinfektan di stasiun dan kereta, serta penyediaan hand sanitizer di stasiun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top