Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Divre III Palembang Terapkan Pengembalian Penuh Pembatalan Tiket

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang menerapkan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket kereta api jarak jauh dan lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  16:51 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang menerapkan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket kereta api jarak jauh dan lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan kebijakan yang diambil kantor pusat itu sesuai dengan penetapan perpanjangan status keadaan tertentu darurat virus corona hingga 29 Mei 2020.

“Kebijakan pengembalian penuh ini kami terapkan juga untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah,” katanya dalam keterangan pers, Senin (30/3/2020).

Aida menambahkan, pembatalan berlaku untuk kereta api (KA) Sindang Marga, KA Sriwijaya, KA Serelo dan KA Rajabasa. Sejumlah Ka tersebut melayani rute Kertapati (Palembang)—Lubuk Linggau (Sumsel) dan Kertapati – Tanjung Karang (Lampung).

Dia mengatakan pembatalan dapat dilakukan secara online diaplikasi KAI Access atau secara langsung di Loket Pembatalan Stasiun.

Menurut dia, sebelum kebijakan itu berlaku, penumpang yang membatalkan tiket untuk tanggal 23 Maret hingga 29 Mei 2020 akan dikenakan pemotongan sebesar 25%. 

‘’Namun dengan adanya kebijakan ini, uang pembatalan akan dikembalikan dalam waktu 30-45 hari secara transfer atau tunai sesuai kehendak penumpang,” katanya.

Dia melanjutkan untuk penumpang rombongan yang sudah menyerahkan uang muka, dapat mengajukan pengembalian uang muka. 

Kemudian untuk rombongan belum mencetak tiket, diberikan sekali kesempatan untuk mengajukan perubahan jadwal. 

“Pelayanan penumpang rombongan dilakukan di kantor KAI dimana proses transaksi sebelumnya dilakukan,” katanya.

Sebelumnya PT KAI melakukan penyemprotan ekstra dari yang rutin dilakukan dengan menggunakan cairan disinfektan di kereta dan stasiun. Selain itu juga, bagi penumpang yang diperiksa dengan menggunakan suhu pengukur tubuh pada saat akan berangkat 38 derajat Celsius, tidak diperkenankan untuk menggunakan kereta api.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai sumsel
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top