Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusri Targetkan Pabrik NPK 200.000 Ton Komersial Tahun Depan

PT Pupuk Sriwidjaja atau Pusri Palembang menargetkan pabrik NPK anyar perusahaan berkapasitas 200.000 ton per tahun dapat komersial pada awal tahun 2020.

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pupuk Sriwidjaja atau Pusri Palembang menargetkan pabrik NPK anyar perusahaan berkapasitas 200.000 ton per tahun dapat komersial pada awal tahun 2020.

Direktur Utama PT Pusri Palembang, Mulyono Prawiro, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba produksi pabrik baru tersebut.

“Konstruksi sudah selesai dan sekarang uji coba, sudah berproduksi tapi masih dalam pengamatan. Mungkin satu-dua minggu ini akan dilakukan performance test setelahnya baru komersial,” katanya di sela peringatan HUT Pusri ke-60, Minggu (15/12/2019).

Dia menjelaskan NPK merupakan produk hilir (downstream) dari urea, yang kemudian dicampur phospat dan potassium. Pupuk tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan pertanian pangan maupun perkebunan.

Mulyono mengatakan kehadiran pabrik NPK tersebut akan melengkapi produk yang dihasilkan produsen pupuk pelat merah tersebut.

 Dia memaparkan, nantinya produksi Pusri Palembang bakal mencakup NPK sebanyak 300.000 ton, urea sebanyak 2,6 juta ton dan amoniak sebanyak 1,5 juta ton per tahun.

 “Kalau sudah lengkap, Pusri dapat berkembang dengan strategi utama, yakni inovasi dan efisiensi, diversifikasi dan digitalisasi,” katanya.

Menurut Mulyono saat ini pihaknya sudah memenuhi kebutuhan pupuk urea untuk Sumsel, Lampung, Jawa Tengah dan Kalimantan Barat. Selanjutnya akan diperluas ke Kalimantan Selatan dan Tengah.

Sementara untuk pupuk NPK, kata dia, pemasaran tersebar di Sumsel, Lampung dan Jambi. Namun demikian belum sampai ke Jawa mengingat kapasitas produksi yang masih terbatas.

“Tak hanya itu kami juga telah mengekspor urea untuk pasar negara Asia Tenggara, Asia Timur dan saat ini kami mulai melirik pasar India,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper