Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Tujuan Wisata Danau Toba, Jalan Lingkar Samosir Diperlebar

Pekerjaan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Samosir dilakukan dengan meningkatkan kualitas jalan beraspal dan melebarkannya sesuai standar jalan nasional yaitu 7 meter ditambah 2 meter untuk tiap-tiap bahu jalan di sisi kanan dan kiri.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 30 Juli 2019  |  16:57 WIB
Pulau Samosir - Istimewa
Pulau Samosir - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Pulau Samosir di Danau Toba sepanjang 145,90 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pekerjaan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Samosir dilakukan dengan meningkatkan kualitas jalan beraspal dan melebarkannya sesuai standar jalan nasional yaitu 7 meter ditambah 2 meter untuk tiap-tiap bahu jalan di sisi kanan dan kiri.

"Semua sudah disambungkan dengan kondisi beraspal. Dari Tomok ke Pangururan, juga dari Tomok ke Nainggolan sudah oke tinggal dari Nainggolan—Onan Runggu ke Pangururan masih ada 21 kilometer yang perlu kami tingkatkan dan akan kami lanjutkan pada 2020," kata  Basuki melalui siaran pers, Selasa (30/7/2019).

Selama ini, akses utama untuk menuju ke Danau Toba dan Pulau Samosir dari arah Medan adalah melalui Parapat dan menyeberang dengan menggunakan feri.

Dengan dibukanya Bandara Silangit sebagai bandara internasional, alternatif akses menuju Danau Toba dan Samosir semakin banyak tidak hanya melalui penyeberangan danau tapi bisa pula melalui darat via Dolok Sanggul—Tele—Pangururan.

Untuk itu, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Medan melakukan preservasi dan pelebaran jalan termasuk penanganan tebing sehingga mengurangi risiko longsor baik pada jalan akses menuju ke Pulau Samosir dari Simpang Tele menuju ke Pangururan maupun jaringan jalan lingkar di dalam Pulau Samosir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toba samosir danau toba perbaikan jalan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top