Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lampung Galakkan Program Upsus Siwab

Pemerintah Provinsi Lampung terus menggalakkan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Januari 2019  |  17:27 WIB
Ilustrasi pasar sapi. Berdasarkan data Kementerian Pertanian, program Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) telah menghasilkan kelahiran anak sapi sebanyak 2,74 juta ekor dengan keuntungan Rp 21,9 trilun sepanjang 2017 hingga 2018. - Antara/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi pasar sapi. Berdasarkan data Kementerian Pertanian, program Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) telah menghasilkan kelahiran anak sapi sebanyak 2,74 juta ekor dengan keuntungan Rp 21,9 trilun sepanjang 2017 hingga 2018. - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung terus menggalakkan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) untuk mempertahankan kejayaan peternakan di daerah setempat.

"Upsus Siwab ditargetkan 162.000 ekor sapi agar mampu mencapai kebuntingan sebesar 70 persen dari jumlah akseptor sebesar 113.400 ekor. Sementara angka kelahiran ditargetkan sebanyak 90.720 ekor," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat di Bandar Lampung, Senin (21/1/2019).

Dia menyebutkan target tersebut merupakan upaya Pemprov Lampung untuk meningkatkan populasi sapi di dalam negeri dan secara khusus bagi daerah setempat sebagai lumbung ternak nasional.

Menurutnya, selain meningkatkan populasi sapi melalui Program Upsus Siwab, tahun ini Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian juga mengalokasikan kegiatan fasilitas Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

Artinya, lanjut Taufik, pemerintah akan memberikan bantuan pembayaran premi asuransi usaha ternak sapi untuk pembibitan atau pembiakan. "Saat ini, dari target AUTS sebanyak 10.000 ekor telah tercapai 12.716 ekor dengan jumlah klaim sebasar 290 ekor," ungkapnya.

Di samping itu, Taufik menuturkan Pemprov Lampung juga telah melaksanakan kampanye produk peternakan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUS) di empat kabupaten yakni Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur. dan Tanggamus.

"Tahun ini, direncanakan dilaksanakan di Tulang Bawang, Mesuji, Tanggamus, dan Pesisir Barat," jelasnya.

Sementara di sektor kesehatan hewan, Pemprov Lampung juga melakukan vaksinasi rabies gartis selama Agustus-September sebanyak 4.000 dosis se-Provinsi Lampung. "Kegiatan ini bertujuan menuju Lampung Bebas Rabies 2020," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung peternakan sapi

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top