Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Palembang Luncurkan E-Sakip Dukung Transparansi Pemerintahan

Pemerintah Kota Palembang meluncurkan E-Sakip sebuah aplikasi yang memuat dokumen perencanaan dan sistem akuntabilitas kinerja untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan.
Jembatan Ampera di Palembang/Googleimage
Jembatan Ampera di Palembang/Googleimage

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kota Palembang meluncurkan E-Sakip sebuah aplikasi yang memuat dokumen perencanaan dan sistem akuntabilitas kinerja untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mustofa, mengatakan dengan adanya E-Sakip masyarakat bisa mengetahui secara langsung kinerja Pemerintah Kota Palembang sehingga pemerintahan yang transparan bisa terwujud.

"Aplikasi ini berisi tentang kinerja pemerintah kota Palembang dari semua OPD (organisasi perangkat daerah) , sistem perencanaannya, sampai pada rencana strategis kerja setiap OPD," katanya, Sabtu (7/10/2017).

Dia menambahkan aplikasi itu juga mempermudah setiap OPD untuk memeroleh data secara akurat dan bisa dilihat langsung oleh masyarakat.

Untuk menunjang keberhasilan program E-Sakip, Harobin menambahkan, pihaknya mengadakan bimbingan teknis E-Sakip yang diikuti oleh seluruh OPD Kota Palembang.

Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Daerah Kota Palembang Nurmala menjelaskan, bimbingan teknis yang dilaksanakan ini diikuti oleh seluruh OPD yang terdiri dari sekretaris pada setiap OPD, kasubag perencanaan, dan satu orang operator dari setiap OPD.

"Langkah awal kami minta mereka untuk mengentry data berupa visi misi setiap OPD, dan program setiap OPD, nanti akan diproses secara otomatis oleh E-Sakip," katanya.

Dia melanjutkan pihaknya juga akan meningkatkan informasi dalam aplikasi itu ke depan. Seluruh data kinerja OPD akan diproses oleh aplikasi tersebut.

"Bagi masyarakat yang ingin melihatnya bisa mengakses langsung ke alamat website esakip.palembang.go.id," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler