Progres LRT Palembang Sudah 88%

Oleh: Yanita Petriella 16 Mei 2018 | 06:39 WIB
Progres LRT Palembang Sudah 88%
Foto aerial proyek pembangunan light rail transit (LRT) di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (26/10)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tengah mengebut penyelesaian pembangunan proyek Light Rail Transit Palembang yang akan digunakan saat Asian Games 2018 pada Agustus.

Corporate Secretary Waskita Karya Shastia Hadianti menuturkan saat ini progress pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang sudah mencapai 88%. 

"Sejauh ini tetap on schedule, kami kebut," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (15/5/2018).

Pihaknya optimistis pembangunan LRT Palembang akan selesai pada akhir Juni 2018. LRT bakal menghubungkan jalur Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Stadion Jakabaring, dengan panjang jalur 23,4 km dan lebar jalur 1.067 mm.

Nantinya, akan ada lima zona yaitu zona pertama di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, zona dua di Simpang Tanjung Api-api, zona tiga di Simpang Angkatan Lima, zona empat di Jembatan Ampera, dan zona terakhir di Stadion Jakabaring. Terdapat 13 stasiun yang berujung di Jakabaring Sport Center, yang menjadi lokasi menginap, berlatih, dan bertanding para atlet.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menuturkan nantinya para atlet yang sudah tiba di bandara bisa langsung menuju lokasi acara menggunakan LRT. 

Setelah sampai di Jakabaring, para atlet disambut dengan mobil hidrogen atau mobil listrik. Konsep tersebut meniru Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada 2020.

"Sampai Jakabaring turun, sudah ditunggu oleh electric car atau hydrogen car, kami meniru Tokyo 2020 yang hanya boleh menggunakan hydrogen car atau electric car di komplek Olimpiade, di Tokyo 2020, Jakabaring 2018," paparnya.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya