Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Babel Hadirkan 20 UMKM Unggulan di Karya Kreatif Indonesia 2023

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPwBI Babel) menghadirkan 20 UMKM unggulan binaan dan mitra pada kegiatan KKI.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPwBI Babel) menghadirkan 20 UMKM unggulan binaan dan mitra pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Pelaksanaan KKI telah berlangsung sejak 2016. Kali ini, KKI akan dilaksanakan pada 27–30 Juli 2023 di Hall B Jakarta Convention Center. KKI 2023 hadir dengan tema #BadarauNusantara: Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman, mengatakan pihaknya menghadirkan 20 UMKM unggulan binaan dan mitra KPwBI Babel yang terdiri dari produk pakaian, makanan, dan kriya untuk mengikuti showcasing secara offline dan online.

Menurutnya, UMKM yang hadir secara online/offline adalah 3 UMKM produk pakaian dengan produk kain cual yaitu Galeri Destiani, Ishadi Tenun Cual, dan Bunda Cempaka.

“KPwBI Babel telah mempromosikan produk kain Galeri Destiani dan Ishadi Tenun Cual di ajang internasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (24/7/2023).

Galeri Destiani telah diikutsertakan dalam acara World Cultural Industry Forum (WCF) di Daegu, Korea Selatan, dan Indonesian Investment Forum in Dubai (IIFD) di Dubai. Salah satu motif Galeri Destiani adalah motif lebah pelawan yang telah mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI).

Selanjutnya, Ishadi Tenun Cual juga telah diikutsertakan dalam pameran Net Asia di Singapura.
Untuk showcasing secara online dapat diakses melalui www.karyakreatifindonesia.co.id.

UMKM yang hadir secara online adalah B Eco Handmade (ecoprint), Billiton Spice (lada), Batik Kampung Katak (batik dan ecoprint), Mirrando (sirup jeruk kunci), Adena (ketam isi), Durio (snack olahan ikan), Kelompok Tani Berkah Tani (lada), CV. Sumber Rezeki (keritcu), Madu RR (madu), Sepiak Belitong (batik), Batik Dmahen (batik), Lidi Nipah Deshanda (kerajinan lidi nipah), Bepulin (batik), Keripik Cumi Nina (keripik cumi), 3Shesca (decoupage), Bahek Ewaki (snack olahan ikan), dan 2B Stick Cumi dan Ampiang (snack olahan ikan).

Selanjutnya, sejumlah UMKM Babel juga telah diikutsertakan dalam kegiatan business matching ekspor untuk memperluas pasar dan business matching pembiayaan untuk pengembangan usaha.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi di antara stakeholders untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas,” tuturnya.

Bank Indonesia menyelenggarakan KKI dalam rangka mendukung kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata #dilndonesiaAja (BBWl), serta mendukung ASEAN 2023.

KKI 2023 meliputi pameran 300 UMKM unggulan, Pesona Kopi Nusantara dari 45 UMKM, talk show, business matching, pagelaran karya kreatif, creative makerspace, ruang interaksi, dan showcase inovasi teknologi.

Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh Indonesia didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, meningkatkan kualitas produk sesuai selera pasar, berorientasi ekspor, dan memanfaatkan platform digital agar dapat memperluas akses pasar internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper