Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Dilantik, 52,01 Persen Petugas Pantarlih Pemilu di Riau adalah Perempuan

KPU Riau mencatat terdapat 9.966 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) berjenis kelamin perempuan.
Pelantikan petugas pantarlih Pemilu 2024 di Provinsi Riau. /Istimewa
Pelantikan petugas pantarlih Pemilu 2024 di Provinsi Riau. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menyatakan partisipasi perempuan sangat tinggi dalam melakukan tugas pencocokan dan penelitian data pemilih.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Riau Nugroho Noto Susanto mengatakan terdapat 9.966 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) berjenis kelamin perempuan.

"Dengan jumlah tersebut mencapai sebanyak 52,01 persen dari total Pantarlih se-Riau. Sedangkan Pantarlih laki-laki sebanyak 9.194 orang setara dengan 47,96 persen. Total pantarlih di provinsi Riau adalah 19.160 orang," ujarnya, Senin (13/2/2023).

Menurutnya amanat Undang-undang Pemilu mendorong partisipasi perempuan paling kurang 30 persen dalam penyelenggara Pemilu. Dia menyebutkan sebanyak 19.160 orang petugas Pantarlih Pemilu 2024 di Provinsi Riau, setelah melalui seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PPS akhirnya dilantik secara serentak.

"Selamat dan tahniah kepada rekan-rekan Petugas Pantarlih yang dilantik pada hari ini. Terimakasih atas pilihan kawan-kawan bergabung dalam tim besar yang akan melaksanakan pekerjaan yang cukup berat ini," ujarnya.

Menurut Nugroho, Petugas Pantalih merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam rangkaian kerja-kerja menyukseskan Pemilu ini. Sebanyak 19.160 orang Petugas Pantarlih untuk 19.160 TPS yang tersebar di 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dilantik serentak secara resmi menjadi penyelenggara Pemilu 2024.

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan tugas dan masa kerja Petugas Pantarlih yang baru dilantik. “Petugas Pantarlih ini akan bertugas membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih dengan masa kerja 2 bulan, mulai 12 Februari 2023 hingga 11 Apil 2023,” jelasnya.

Sementara Anggota KPU Riau Divisi Perencanaan Data dan Informasi Abdul Rahman mengungkapkan bahwa Petugas Pantarlih yang dilantik langsung diberikan bimbingan teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih. 

“Petugas Pantarlih yang telah dilantik langsung diberikan pembekalan tentang sistem kerja pemutakhiran data pemilih oleh PPK dan PPS setempat. Ini merupakan bekal bagi Petugas Pantarlih dalam melaksanakan tugas Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang akan dilaksanakan dari rumah ke rumah dan penyusunan daftar pemilih bersama PPS.” ungkap Rahman.

Rahman juga menjelaskan bahwa setelah pelaksanaan Bimtek, Petugas Pantarlih dapat langsung melaksanakan Coklit dari rumah ke rumah karena tahapan Coklit sudah masuk.

“Setelah Bimtek ini Petugas Pantarlih dapat langsung melaksanakan Coklit dari rumah ke rumah karena tahapan Coklit memang sudah masuk. Tahapan Coklit berlangsung dari tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Diimbau kepada masyarakat untuk dapat menyiapkan KTP Electronic dan Kartu Keluarga (KK),” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper