Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksin Meningitis di Sumbar Hanya Tersedia hingga Jumat Besok

KK Padang menyatakan ketersediaan vaksin meningitis telah menipis dan diperkirakan hanya cukup hingga Jumat besok
Ilustrasi penyakit meningitis./Halodoc
Ilustrasi penyakit meningitis./Halodoc

Bisnis.com, PADANG — Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang, Sumatra Barat, menyatakan ketersediaan vaksin meningitis hanya cukup hingga Jumat (30/9) besok.

Kepala KKP Kelas II Padang, Ahmad Hidayat, menjelaskan, biasanya KKP menyiapkan kuota vaksin meningitis 100 dosis per harinya, yang dibagi 50 dosis untuk pelayanan vaksinasi di kantor induk KKP Padang dan 50 dosis lagi untuk pelayanan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Sebenarnya strategi kita hanya menyediakan 100 dosis per hari itu, agar vaksin meningitis ini tetap bisa menenuhi permintaan dari calon jemaah umroh," jelasnya kepada Bisnis di Padang, Kamis (29/9/2022).

Diakuinya bahwa 100 dosis per hari yang disiapkan itu belum sepenuhnya bisa melayani permintaan dari calon jemaah umroh. Karena hampir setiap harinya, permintaan untuk vaksin meningitis lebih dari 100 orang.

"Jadi sebelum datang ke kantor induk dan di bandara, calon jemaah umroh ini kan mendaftar dulu secara online ke KKP Padang. Bila kuota dalam satu hari telah penuh, maka kita alihkan untuk hari berikutnya," ujar Ahmad Hidayat.

Namun kini situasi berbeda, kendati beberapa hari yang lalu soal vaksin meningitis di Sumbar masih aman dan lancar untuk melayani calon jemaah umroh. Tapi kini untuk ketersediaan vaksin meningitis di KKP Padang telah menipis, dan diperkirakan hanya cukup hingga Jumat besok.

"Untuk hari ini Kamis (29/9) dan Jumat besok masih ada," kata dia.

Dia menyebutkan melihat kondisi ketersediaan vaksin meningitis yang sudah menipis, jauh-jauh hari KKP Padang telah mengusulkan penambahan vaksin ke Kementerian Kesehatan RI, agar tetap bisa melayani calon jemaah umroh.

Namun sampai saat ini belum ada kepastian kapan vaksin meningitis tersebut akan sampai di Padang. "Terakhir dari Kemenkes bilang kemnungkinan vaksin meningitis akan ada awal Oktober 2022 nanti," ujarnya.

Untuk itu Ahmad Hidayat berharap pihak agen travel umroh maupun calon jemaah umroh tidak menyalahkan KKP Padang, bila tidak bisa melayani vaksinasi terhitung hari Sabtu (1/10) mendatang hingga hari-hari selanjutnya.

"Kita tunggu kebijakan pemerintah seperti apa, karena persoalan ini tengah di bahas di pemerintah pusat. Semoga vaksin meningitis segera tersedia kembali," tutupnya.

Menurutnya persoalan vaksin meningitis yang kini terbilang langka ini tidak hanya akan dirasakan oleh wilayah Sumbar saja, tetapi juga telah terjadi hampir diseluruh wilayah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper