Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut yang Baru, Inilah Profil Doddy Zulverdi

Mantan Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia ini menggantikan posisi Soekowardojo yang telah memasuki masa pensiun.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  20:02 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara Doddy Zulverdi. - Istimewa
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara Doddy Zulverdi. - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Doddy Zulverdi dilantik menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara.

Mantan Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia ini menggantikan posisi Soekowardojo yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan Doddy dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersamaan dengan pelantikan 38 pejabat lainnya secara virtual, Selasa (18/1/2021) lalu.

Dihimpun dari berbagai sumber, Doddy merupakan lelaki kelahiran Bandung, 10 September 1969. Doddy merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran pada 1991. Dia menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Doddy melanjutkan pendidikannya di Columbia University Economics Policy Management Amerika Serikat. Dia berhasil meraih gelar Master pada 1997 silam.

Karir Doddy di Bank Indonesia berawal dari 1993. Kala itu, Doddy bertugas sebagai staf di Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia.

Sejak saat itu, karir Doddy terus melejit. Dia pernah menjabat sebagai Asisten Peneliti Ekonomi Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Pada 1998, lalu Peneliti Ekonomi Junior Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter kurun 1998-2001, kemudian Analis Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2001-2002 dan Analis Senior Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2002-2003.

Tak hanya itu, Doddy juga pernah menjabat sebagai Peneliti Ekonomi Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2003-2004, lalu Peneliti Ekonomi Senior Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2004-2005, Deputi Kepala Bagian Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter dan Special Appointee IMF periode 2005-2006, kemudian Kepala Bagian Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter pada 2006, Peneliti Ekonomi Madya Senior Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2006-2010.

Doddy juga sempat menjabat sebagai Kepala Biro Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2010-2012, Kepala Grup Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter periode 2012-2015, Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter pada 2015, Kepala Departemen Pengelolaan Moneter periode 2015-2018 dan setelah menjabat Kepala Departemen Internasional.

Pada acara pelantikan itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan tiga hal.

Pertama, penugasan yang diberikan kepada para pejabat baru ini disesuaikan dengan kompetensi dan tuntutan tugas Bank Indonesia sebagai bentuk kontribusi kepada negara.

Kedua, penguatan komposisi yang didukung oleh kesesuaian karakter kepemimpinan guna mendukung pelaksanaan tugas. Ketiga, pengembangan potensi kepemimpinan di masa depan.

Perry juga memberi pesan khusus kepada para pejabat baru yang dilantik. Dia mengingatkan bahwa jabatan yang diberi merupakan amanah. Oleh karena itu wajib dijaga dengan sebaik-baiknya.

"Pemimpin Bank Indonesia diharapkan mampu memimpin diri sendiri, agar mampu menjadi pemimpin yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain dan negara," kata Perry.

Perry juga mengingatkan pentingnya para pejabat baru ini untuk menciptakan legacy dan melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin.

"Pemimpin perlu menciptakan kader pemimpin baru di masa depan," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top