Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wamen BUMN: Blok Rokan Penting Bagi Negara

''WK Rokan menjadi value contributor yang sangat penting bagi negara. Kami berharap rencana investasi PHR di WK Rokan beberapa tahun mendatang dapat diwujudkan," ungkap Wakil Menteri (Wamen) BUMN Pahala N. Mansury dalam siaran persnya Selasa (30/11/2021).
Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansury ketika mengunjungi fasilitas Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC), pusat digitalisasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan, yang berlokasi di Minas, Kabupaten SIak, Riau, pada Senin (29/11). /Istimewa
Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansury ketika mengunjungi fasilitas Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC), pusat digitalisasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan, yang berlokasi di Minas, Kabupaten SIak, Riau, pada Senin (29/11). /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – Wilayah Kerja (WK) Rokan di Riau memiliki nilai strategis bagi ketahanan energi dan perekonomian nasional. Karena itu, pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap kinerja WK migas yang dikelola PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tersebut.

’’WK Rokan menjadi value contributor yang sangat penting bagi negara. Kami berharap rencana investasi PHR di WK Rokan beberapa tahun mendatang dapat diwujudkan,” ungkap Wakil Menteri (Wamen) BUMN Pahala N Mansury dalam siaran persnya Selasa (30/11/2021).

Pahala juga mengapresiasi komitmen dan kerja keras para pekerja di WK Rokan. ”Terima kasih kepada rekan-rekan yang berupaya memastikan dan menjalankan alih kelola dengan baik, bahkan mampu meningkatkan produksi,” ungkap Pahala yang juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina.

Kunjungan Wamen BUMN ke WK Rokan disambut langsung oleh Dirut Subholding Upstream Pertamina Budiman Parhusip, Dirut PHR Jaffee A Suardin, dan jajaran manajemen PHR WK Rokan. Mereka meninjau fasilitas Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC) yang berlokasi di Minas, Kabupaten Siak.

”Selain penting bagi ketahanan energi nasional, rencana kerja WK Rokan yang masif dan agresif turut mendukung pencapaian SHU,” tutur Budiman Parhusip.

PHR WK Rokan diperkirakan membutuhkan investasi sekitar US$3 miliar (sekitar Rp42 triliun) dalam lima tahun pertama pascaalih kelola. Rencana program yang dijalankan meliputi, antara lain, pengeboran sumur baru, kerja ulang (workover), optimasi injeksi air (waterflood) dan injeksi uap (steamflood), serta chemical enhanced oil recovery (CEOR).

Dirut PHR Jaffee A Suardin memaparkan tentang pencapaian WK Rokan pasca alih kelola, perkembangan program pengeboran, rencana jangka panjang menuju produksi 300.000 BOPD (barel per hari), dan berbagai metode pengembangan sumur untuk peningkatan produksi. Selain itu, dia mendiskusikan penerapan digitalisasi di WK Rokan melalui keberadaan fasilitas IODSC. Termasuk perluasan penerapan digitalisasi WK Rokan ke wilayah kerja hulu migas Pertamina lainnya, yakni di Jambi Merang dan Prabumulih, sebagai tahap awal.

IODSC merupakan pusat kegiatan digitalisasi WK Rokan. Fasilitas ini merupakan sumber informasi atau big data berkaitan dengan aktivitas sumur dan peralatan di lapangan. Setiap hari ada sekitar 4.000 hingga 5.000 data sumur yang masuk. Data tersebut diolah agar menjadi informasi berharga yang diperlukan dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Penerapan digitalisasi di WK Rokan setidaknya memberikan empat manfaat utama, yakni peningkatan kinerja keselamatan; penurunan signifikan dari potensi kehilangan produksi/LPO hingga sekitar 40 persen; optimalisasi kemampuan fasilitas produksi; dan peningkatan efisiensi.

WK Rokan menyumbangkan hampir 25 persen produksi minyak nasional. Produksi WK Rokan sekitar 162.000 BOPD (barel minyak per hari), atau naik 4.000 BOPD dibandingkan sebelum alih kelola yang berada di kisaran 158.000 BOPD. Operasi WK Rokan saat ini didukung oleh sekitar 2.700 pegawai tetap dan lebih dari 22.000 pegawai mitra kerja. Masing-masing sekitar 65 persen dan 85 persen di antaranya merupakan warga lokal Riau.

Untuk program pengeboran, PHR WK Rokan telah berhasil mengebor lebih dari 100 sumur dengan nihil kecelakaan fatal dan hanya dalam kurun sekitar tiga setengah bulan setelah alih kelola WK Rokan pada 9 Agustus 2021 lalu. Saat ini PHR WK Rokan mengoperasikan 17 rig pengeboran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper