Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Penyakit Hewan Kurban, Riau Bangun Posko di Perbatasan

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau Rahmat Setiyawan mengatakan pihaknya menyiapkan posko pemeriksaan atau check point di daerah perbatasan Riau dengan daerah tetangga.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau akan mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan kurban yang akan masuk ke wilayah tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau Rahmat Setiyawan mengatakan upaya itu dilakukan pihaknya dengan cara menyiapkan posko pemeriksaan atau check point di daerah perbatasan Riau dengan daerah tetangga.

"Ada lima posko pemeriksaan atau check point yang disiapkan untuk memeriksa setiap hewan kurban sapi atau kambing yang masuk ke Riau dari daerah tetangga," ujarnya Kamis (24/6/2021).

Menurutnya petugas akan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dibawa, mulai dari kelengkapan dokumen setiap hewan kurban. Selanjutnya dokumen vaksinasi dari dinas peternakan daerah asal.

Upaya ini dinilai dapat mencegah penyebaran penyakit hewan ternak, yang kerap terjangkit pada sapi seperti penyakit antrax.

Dia menguraikan, lima lokasi posko pemeriksaan yang akan disiapkan antara lain di perbatasan Provinsi Riau dengan Sumatra Utara yakni, di Kabupaten Rokan Hilir. Kemudian di Dalu-dalu di Kabupaten Rokan Hulu. Lalu perbatasan dengan Provinsi Jambi di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuansing.

Selanjutnya di perbatasan dengan Sumatra Barat yaitu Kecamatan XIII Koto Kampar. Serta perbatasan dengan Provinsi Jambi di Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kami akan selalu siaga memantau pergerakan dan perlintasan hewan di Riau, apalagi saat meningkatnya permintaan selama Idul Adha tahun ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper