SUTT 150 kV Rengat Tembilahan Beroperasi, PLN Hemat Rp121,73 Miliar per Tahun

Kehadiran jaringan transmisi ini akan memperkuat pasokan listrik Sumatera serta menekan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).
Gardu Induk Tembilahan di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. /Istimewa
Gardu Induk Tembilahan di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat PLN dalam pembangunan infrastruktur kelistrikan di Tanah Air. Hal ini dibuktikan dengan diselesaikannya pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 150 kilo volt (kV) Rengat - Tembilahan di Provinsi Riau.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Alland Asqolani menuturkan, kehadiran jaringan transmisi ini akan memperkuat pasokan listrik Sumatera serta menekan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

“Dengan adanya transmisi ini dapat menurunkan biaya pokok produksi dari rata rata Rp2.691 per kilo watt hour (kWh), menjadi pemanfaatan transfer price menggunakan evakuasi dari GI Tembilahan dengan penghematan Rp121,73 miliar per tahun” ungkap Alland dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021).

Dia menjelaskan, jaringan transmisi ini membentang sepanjang 223,46 kilometer sirkuit (kms), dengan 379 tower yang berada di 31 desa dan 8 kecamatan. SUTT 150 KV ini akan menyambungkan sistem kelistrikan Interkoneksi Sumatera hingga Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

"PLN berterimakasih atas support dan bantuan semua pihak, stakeholder PLN serta masyarakat sehingga proyek ini dapat diselesaikan tahun ini dan kami yakin dengan support tersebut proyek-proyek selanjutnya akan segera menyusul" lanjutnya.

Pembangunan Tower 150 kV ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan meningkatkan keandalan listrik sehingga meningkatkan iklim investasi di Provinsi Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper