Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 Diprediksi Melonjak, Riau Antisipasi dengan Hal Ini

Syamsuar menjelaskan beberapa rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Riau juga tengah meningkatkan kapasitas tempat tidur dan ruang ICU. Seperti RSUD Arifin Achmad Riau dan RS Universitas Riau (Unri).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau memperkirakan pada Juni atau Juli 2021 akan terjadi ledakan kasus Covid-19 di Provinsi Riau, yaitu sebanyak 800 sampai 1.000 kasus per hari. Saat ini penambahan kasus harian di Riau pada Mei mencapai 500-600 kasus lebih.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan ada beberapa langkah yang disiapkan pemda, diantaranya menetapkan RSUD Petala Bumi Riau menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19. Alasannya karena ketersediaan tempat tidur di rumah sakit saat ini tidak mampu menampung pasien Covid-19 jika mengalami peningkatan.

"Ada rencana membuat rumah sakit khusus Covid-19, salah satunya RSUD Petala Bumi akan kami khususkan untuk penanganan pasien positif Covid," ujarnya Kamis (27/5/2021).

Dia menjelaskan beberapa rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Riau juga tengah meningkatkan kapasitas tempat tidur dan ruang ICU. Seperti RSUD Arifin Achmad Riau dan RS Universitas Riau (Unri).

Rencana penambahan kapasitas di kedua rumah sakit tersebut telah disampaikan ke pemerintah pusat. Hal ini untuk mengatasi tingginya 3T, (Testing, Tracing, dan Treatment) yang telah dilakukan, sebab itu akan mempengaruhi tingginya kasus positif.

"Tapi yang banyak positif itu Orang Tanpa Gejala (OTG). Kalau ada 4.000 OTG, itu sebanyak 800 lebih OTG yang diperkirakan dirawat di rumah sakit," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper