Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CPI Berkomitmen Wujudkan Alih Kelola Blok Rokan yang Selamat dan Lancar

Catat Kemajuan Signifikan, Blok Rokan Telah Mengebor 55 Sumur.
Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman (berdiri, baju merah) ketika menyemangati para pekerja pengeboran sumur minyak di Blok Rokan, Riau, yang saat ini dikelola PT CPI. Fatar Yani melakukan kunjungan kerja ke Rumbai, Minas, dan Duri pada 14-15 April 2021. /Istimewa
Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman (berdiri, baju merah) ketika menyemangati para pekerja pengeboran sumur minyak di Blok Rokan, Riau, yang saat ini dikelola PT CPI. Fatar Yani melakukan kunjungan kerja ke Rumbai, Minas, dan Duri pada 14-15 April 2021. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – Tiga bulan menjelang alih kelola Blok Rokan, pemenuhan kewajiban terminasi dan transisi oleh PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) terus berjalan secara sistematis dan terstruktur.

Aspek-aspek utama dalam proses itu menunjukkan kemajuan signifikan guna menjaga keberlangsungan operasi dan tingkat produksi baik sebelum maupun sesudah 9 Agustus mendatang.

”Tim PT CPI terus bekerja keras untuk mewujudkan proses terminasi dan transisi yang selamat, andal, dan lancar. Blok Rokan merupakan aset strategis yang penting bagi penerimaan negara dan daerah, perekonomian masyarakat, serta ketahanan energi nasional,” tutur Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit & Presiden Direktur PT CPI Albert Simanjuntak dalam siaran persnya Senin (17/5/2021).

Aspek-aspek utama dalam proses terminasi adalah checklist terminasi sesuai aturan pemerintah, pelaporan aset, dan penutupan laporan proyek. Sedangkan untuk proses transisi, aspek-aspek utamanya seperti program pengeboran; teknologi informasi; migrasi data; manajemen kontrak barang dan jasa; prosedur operasional dan perizinan kerja; sumber daya manusia (SDM); dan lain-lain. ”Kemajuan dari aspek-aspek utama itu sangat signifikan dan diharapkan tuntas sebelum alih kelola nanti,” ujar Albert. 

Untuk proses terminasi, PT CPI telah melengkapi dokumen PSC termination checklist provisional pada 25 Februari 2021. Kemudian pelaporan aset sudah mencapai 81 persen, di mana sekitar 109 ribu aset telah selesai diperiksa fisik dan dilaporkan. Sedangkan penutupan laporan proyek mencapai 70 persen, atau sekitar 2.940 laporan yang sudah selesai.

Sebagai bagian dari pemantauan, saat ini tengah berlangsung proses verifikasi dan validasi (V&V) data eksplorasi dan eksploitasi Blok Rokan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) ESDM dan SKK Migas. Proses V&V dilakukan terhadap sekitar satu juta item dokumen cetak, media magnetik dan optikal, serta sampel batuan. Prosesnya diperkirakan tuntas pada bulan Mei ini.

Program pengeboran di Blok Rokan terus berjalan untuk menjaga tingkat produksi. Sejak dimulai akhir Desember 2020 lalu, hingga saat ini PT CPI berhasil mengebor 55 sumur, termasuk di antaranya 11 sumur konversi, dengan mengoperasikan enam rig pengeboran dan satu rig konversi.

Proses pengadaan rig tambahan sedang berjalan untuk memenuhi target pengeboran 192 sumur di Blok Rokan oleh PT CPI dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada tahun ini.

”Kami terus berkoordinasi intensif dengan SKK Migas dan PHR agar program pengeboran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Kolaborasinya sangat solid karena semua pihak memiliki semangat dan komitmen yang sama,” tutur Albert.

PT CPI juga berupaya memastikan kesiapan para pegawainya. ”Kinerja Blok Rokan yang kokoh selama ini tidak lepas dari faktor sumber daya manusia di belakangnya, yakni para pegawai dengan keahlian, budaya dan etos kerja yang telah tertanam. Kami optimistis bahwa mereka akan mampu mempertahankan kinerja Blok Rokan dan dapat berkontribusi signifikan bagi perusahaan yang baru,” tegas Albert. 

PT CPI telah menyerahkan seluruh data kepegawaian dan organisasinya kepada Pertamina/ SKK Migas. Seiring alih kelola Blok Rokan, hampir seluruh pegawai PT CPI akan beralih status kepegawaian ke operator yang baru. Dalam menyiapkan para pegawainya, PT CPI telah menyiapkan kapabilitas organisasi, menggelar berbagai forum komunikasi maupun program pembekalan, di antaranya persiapan teknis transisi, pengembangan mental yang positif menghadapi perubahan, hingga pengelolaan finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper