Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisman Bebas Masuk Riau, Asita Pertanyakan Prokes Pemda

Dede menyebutkan boleh saja wisman itu datang ke Riau tapi pemda harus menjalankan protokol kesehatan dan prosedur yang ketat.
Ilustrasi/Bloomberg
Ilustrasi/Bloomberg

Bisnis.com, PEKANBARU-- Adanya 12 kunjungan wisatawan mancanegara selama Maret 2021 lalu di Riau, menjadi pertanyaan bagi pelaku pariwisata, tentang penerapan protokol kesehatan kepada para wisman yang bertamu.

Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan Pemerintah, DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Dede Firmansyah mengatakan pihaknya sempat menanyakan soal prosedur menyambut kedatangan wisman yang diterapkan pemda selama pandemi.

"Kami sempat ngomong langsung dialog sebelum puasa dengan Kadis Pariwisata Riau, kami bilang wisman kalau masuk ke Medan dan Jakarta itu harus dikarantina, kalau Riau ada gak [karantina]? Dia bilang gak ada," ujarnya, Rabu (5/5/2021).

Dede menyinggung kebijakan ini sangat berbeda dengan perlakuan negara asing saat warga negara Indonesia melakukan perjalanan ke luar negeri di masa pandemi ini, yaitu akan masuk karantina terlebih dahulu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Sementara itu terkait kedatangan 12 wisman ke Riau selama Maret 2021 lalu, menurut Dede rerata wisman yang datang ke Riau untuk berwisata memang biasanya hanya melakukan perjalanan secara mandiri.

Lalu bila ada masalah yang dihadapi para wisman itu, barulah akan melapor atau meminta bantuan kepada pelaku wisata guna menyelesaikan kendala yang dihadapi para turis asing tersebut.

Dengan kondisi itu, Dede menyebutkan boleh saja wisman itu datang ke Riau tapi pemda harus menjalankan protokol kesehatan dan prosedur yang ketat.

"Intinya bagi kami silahkan wisman datang, tapi sekarang tinggal bagaimana menjalankan aturan prokes dan prosedur kedatangannya, sehingga tidak menjadi penyebab semakin meningkatnya pandemi di Riau dan Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya berdasarkan data Badan Pusat Statistik Riau sepanjang Maret 2021, tercatat ada 12 orang Wisatawan Mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau. Wisman masuk melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II sebanyak 8 orang dan dari pelabuhan Dumai sebanyak 4 orang.

"Ada 4 pintu masuk ke Riau, yakni Bandara SSK II, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis dan juga Pelabuhan Meranti. Selama Maret 2021 ada 12 orang Wisman yang masuk Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II sebanyak 8 orang dan dari pelabuhan Dumai sebanyak 4 orang," ujar Kepala BPS Provinsi Riau Misfaruddin.

Pada bulan sebelumnya yaitu Februari 2021, BPS Riau mencatat ada 3 kunjungan wisman yang datang ke Provinsi Riau, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 300 persen pada Maret 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper