Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkumham Tegaskan Tidak Ada Warga India Masuk ke Riau

WNA asal India itu datang ke Indonesia melalui jalur udara. Mereka mendarat di bandara Soekarno-Hatta. Saat ini para WNA itu langsung dilakukan karantina oleh Kemenkes.
Bendera India/Cultural India
Bendera India/Cultural India

Bisnis.com, PEKANBARU - Kanwil Kemenkumham Riau memastikan tidak ada WNA India yang masuk Riau, khususnya lewat jalur udara. Pernyataan ini untuk menanggapi kondisi adanya warga negara asing (WNA) India yang ramai-ramai masuk ke Indonesia.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau, Muhammad Tito Andrianto mengatakan saat ini Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Riau ditutup. Artinya tidak ada WNA yang datang langsung dari luar negeri.

"TPI di Riau ditutup dan tidak ada WNA yang datang langsung dari luar negeri," ujarnya dalam siaran pers Jumat (23/4/2021).

Sementara itu, dalam rapat bersama tim Satgas Covid-19 Riau di Balai Serindit yang dipimpin Kepala BNPB, Doni Munardo dan Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (22/04) kemarin, Kementerian Kesehatan menyampaikan ada warga negara asing (WNA) ramai-ramai masuk ke Indonesia atau melakukan eksodus.

"Ada kedatangan WNI dan WNA. Kemarin sudah banyak warga India masuk ke Indonesia, banyak sekali," ujar Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, dr Bengat.

Ujarnya, WNA asal India itu datang ke Indonesia melalui jalur udara. Mereka mendarat di bandara Soekarno-Hatta. Saat ini para WNA itu langsung dilakukan karantina oleh Kemenkes.

"Kami hari ini telah lakukan pemantauan ketat, karena informasi ada eksodus. Jadi untuk di Soekarno-Hatta kami telah minta mereka tempatkan satu hotel biar mudah mengawasi," kata Bengat.

Menurutnya, eksodus itu dilakukan WNA asal India itu, lantaran negaranya mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang begitu signifikan.

"India sedang tsunami Covid-19 dan mereka masuk ke Jakarta sekarang. Di Samarinda sudah ada yang positif. Kami sudah bahas dengan pimpinan untuk diperketat, kami mau tahu apakah ada Covid-19 varian baru," katanya.

dr. Bengat juga menyinggung peran Imigrasi dalam menangani WNA yang masuk Indonesia. Sebab, mereka masuk dengan Kitas dan Visa.

"WNA itu kebanyakan masuk dengan Kitas dan pakai Visa. Ini mungkin yang menjadi tugas juga dari Imigrasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper