Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polres Rohul Tinjau Persiapan Pilkada Ulang

Lokasi 25 TPS itu berada di Kawasan PT Torganda, Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara. Pemeriksaan kesiapan TPS tersebut juga dihadiri LO dari tiga pasangan calon.
Ilustrasi./Antara-Didik Suhartono
Ilustrasi./Antara-Didik Suhartono

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan digelar 21 April 2021 mendatang. Pihak Polres Rohul bersama KPU dan Bawaslu Rohul memeriksa kesiapan TPS jelang pelaksanaan PSU di 25 TPS.

Lokasi 25 TPS itu berada di Kawasan PT Torganda, Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara. Pemeriksaan kesiapan TPS tersebut juga dihadiri LO dari 3 pasangan calon.

Pemeriksaan TPS ini dihadiri Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri, Ketua Bawaslu Rokan Hulu Fajrul Islami Damsir, Pabung Kodim 313 KPR Kapten Yuhardi, Kabag Ops Polres Rohul Kompol Jhon Firdaus.

Kapolres Rokan Hulu, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH memastikan seluruh lokasi TPS sudah sesuai dengan data yang ada.

"Kami melibatkan semua unsur untuk mengecek lokasi TPS PSU ini sehingga tidak ada lagi permasalahan," ujar Kapolres Taufik dalam siaran persnya, Senin (19/4/2021).

Setelah memastikan lokasi TPS, Kepolisian akan berkonsentrasi untuk melakukan upaya pengamanan pendistribusian logistik yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada 21 April dini hari.

"Kami akan laksanakan pergeseran pasukan dari Makopolres ke Polsek Tambusai Utara. Sementara untuk pengamanan 7 persenel kepolisian ditempatkan di masing-masing TPS pada Senin [19/4/2021]," ujarnya.

Ketua KPU Rohul Elfendri menjelaskan, 25 TPS yang akan melaksanakan PSU berada di 4 wilayah perkebunan PT Torganda dan 1 areal perbengkalan. Kebun Karya Perdana menjadi kebun terjauh dimana disana ada 3 TPS dengan jarak antar TPS yang juga berjauhan.

Areal Perkebunan lain yang masuk dalam wilayah PSU adalah Wilayah Perkebunan Torganda Rantau Kasai. Di Areal Perkebunan Rantau Kasai terdapat 7 TPS dimana 5 TPS berdekatan dan 2 TPS terpisah agak jauh.

Wilayah perkebunan lain yang masuk dalam wilayah PSU adalah Areal Perkebunan PT Torganda Batang Kumu I dimana di daerah tersebut terdapat 10 TPS. Sementara TPS terjauh adalah 5 TPS di Batang Kumu 2 di mana untuk sampai ke wilayah perkebunan dibutuhkan waktu 2,5 jam.

"Titik-titik penempatan TPS sudah clear dan siap digunakan. Titik-titik TPS tersebut memanfaatkan fasilitas umum seperti sarana olahraga, tempat penitipan anak dan fasum lainya," jelas Elfendri.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami menyatakan, sejauh ini untuk persiapan pelaksanaan PSU masih berjalan sesuai tahapan yang sudah ditetapkan KPU. Saat ini Bawaslu fokus melakukan pengawasan pendistribusian C-Pemberitahuan kepada pemilih sehingga tepat sasaran dan disalurkan kepada yang berhak menerima.

Adapun TPS yang diperiksa yaitu TPS 32 yang berada di kantor Kantor Besar Perkebunan Rantau Kasai, TPS 27 yang berada di Afdeling IX Rantau Kasai, TPS 29, halaman Kantor Afdeling XI Rantau Kasai. TPS 13, Teras Kantin SD Yadika Afdeling III Batang Kumu I.

Selanjutnya, TPS 19, Aula Penitipan Anak Afdeling VII Batang Kumu I, TPS 20, Aula Penitipan Anak Afdeling X Batang Kumu I dan terakhir TPS 15, Tribun Lapangan Bola Kaki Kantor Besar Batang Kumu I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper