Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Berharap Ranperda Energi Daerah 2050 Menjadi Pendorong EBT

RUED Riau 2020-2050 merupakan dokumen perencanaan dan pengelolaan energi yang diharapkan menjadi Peraturan Daerah, supaya menjadi solusi pengelolaan energi Riau secara optimal terpadu dan berkelanjutan.
Gubernur Riau Syamsuar /Bisnis-Dwi Nicken Tari
Gubernur Riau Syamsuar /Bisnis-Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemprov Riau berharap rencana peraturan daerah Rencana Umum Energi Daerah (RUED) 2020-2050 dapat menjadi pendorong pengembangan energi baru erbarukan (EBT) di wilayah tersebut.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa RUED Riau 2020-2050 merupakan dokumen perencanaan dan pengelolaan energi yang diharapkan menjadi Peraturan Daerah, supaya menjadi solusi pengelolaan energi Riau secara optimal terpadu dan berkelanjutan.

"Kami harapkan menjadi solusi sebagai energi baru, terbarukan dan pemanfaatan energi secara efisien di semua sektor serta akan menjamin ketersediaan energi masa depan di daerah," ujarnya dalam siaran pers Kamis (15/4/2021).

Menurutnya RUED 2020-2050 akan mendukung rencana pembangunan daerah termasuk kawasan industri dan juga sebagai dasar daerah untuk mengajukan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk perkembangan infrastruktur energi daerah.

"Terutama perkembangan infrastruktur energi daerah yang baru terbarukan supaya masyarakat Riau memperoleh akses energi yang merata, adil, transparan," ucapnya.

Adapun penyusunan pemutahiran dan rencana umum energi daerah indikator yang digunakan proyeksi kebutuhan energi final per sektor dilakukan berdasarkan aktivitas makan energi intensitas energi elastisitas energi serta variabel ekonomi seperti Produk domestik regional bruto (PDRB) pertumbuhan ekonomi jumlah penduduk laju pertumbuhan penduduk dan harga energi.

Saat ini akibat produksi Migas menurun dan Covid-19 melanda, berakibat pada pertumbuhan ekonomi dan PDRB perkapita cenderung menurun. Menurutnya kondisi ini menjadi tantangan bagi Riau dalam membuat perencanaan energi daerah.

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, dimana seharusnya keberadaan energi menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dan PDRB perkapita."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper