Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

120 Tahun Pegadaian, Kinerja Terus Meningkat Termasuk di Riau

Memasuki usia 120 tahun, PT Pegadaian (Persero) terus menunjukkan kinerja positif, termasuk untuk wilayah Provinsi Riau.
Logo HUT Pegadaian ke-120 Tahun. /Istimewa
Logo HUT Pegadaian ke-120 Tahun. /Istimewa
Bisnis.com, PEKANBARU-- Memasuki usia 120 tahun, PT Pegadaian (Persero) terus menunjukkan kinerja positif, termasuk untuk wilayah Provinsi Riau.
 
Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto menjelaskan perseroan berhasil mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi, yang ditandai dengan nilai aset dan pendapatan yang terus meningkat.
 
Berturut-turut aset perusahaan naik, yang semula di 2018 Rp53 triliun menjadi Rp65 triliun di 2019 dan Rp72 triliun di akhir 2020. Serta membukukan pendapatan dari Rp13 triliun di 2018 menjadi Rp18 triliun di 2019 dan Rp22 triliun di 2020.
 
“Kepercayaan masyarakat ini juga terlihat dari meningkatnya jumlah nasabah dari 2018 sebanyak 11 juta menjadi 14 juta di 2019, dan 17 juta nasabah di 2020, dengan omset pembiayaan dari Rp131 triliun di 2018, Rp146 triliun di 2019 dan Rp165 triliun di akhir 2020," ujarnya dalam siaran pers Sabtu (3/4/2021).
 
Sementara itu Kantor Wilayah II Pekanbaru ikut mencatatkan kinerja positif, salah satunya terlihat dari jumlah rekening Tabungan Emas di wilayah tersebut sepanjang 2020 lalu mencapai 340.095 rekening, atau mengalami kenaikan sebesar 49,40 persen bila dibandingkan periode sama di 2019 yang sebanyak 227.643 rekening.
 
Pimpinan Wilayah II Pegadaian Maryono menjelaskan tahun ini perseroan tidak hanya mendorong kebangkitan bisnis dari pandemi, tetapi juga menjadi momen meningkatkan nilai sosial bagi masyarakat di wilayah operasi perusahaan.
 
Pihaknya mengakui akan bekerjasama dengan 4 gubernur yang ada di wilayah kerjanya, untuk melakukan edukasi, sosialisasi, serta meningkatkan literasi produk Tabungan Emas.
 
"Selain produk gadai serta pembiayaan kendaraan, kami akan meningkatkan edukasi, literasi, dan sosialisasi produk Tabungan Emas. Untuk itu kami akan menggandang dan bekerjasama dengan 4 gubernur di wilayah operasi," ujarnya.
 
Dia merincikan 4 gubernur dimaksud yaitu Gubernur Riau, lalu Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan juga kemungkinan Jambi.
 
Adapun momen Ulang Tahun ke-120 Pegadaian, menjadi perayaan ulang tahun yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME, Pegadaian berbagi kebahagiaan dengan memberikan tali asih berupa uang kepada para pensiunan karyawan, tenaga kesehatan, pegiat seni, dan olah ragawan berprestasi yang pernah mengukir namanya sebagai warga yang mengharumkan nama negeri.
 
Pada kesempatan yang sama, Dirut Pegadaian Kuswiyoto juga mengajak seluruh Insan Pegadaian untuk mendukung kebijakan strategis pemerintah yang membentuk ekosistem ultra mikro dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper