Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BLE Jadi Upaya Akselerasi Ekonomi di Tengah Pandemi

Luhut menjelaskan beberapa alasan mendasar platform yang dibangun oleh Bea Cukai Batam yang terintegrasi sistem milik CIQP dan sistem B-SIMS (Batam Seaport Information Management System) ini.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Istimewa

Bisnis.com, BATAM - Batam Logistic Ecosystem (BLE) resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Ruang Balairungsari Gedung Utama Badan Pengusahaan (BP) Batam pada Kamis (18/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Luhut menjelaskan beberapa alasan mendasar platform yang dibangun oleh Bea Cukai Batam yang terintegrasi sistem milik CIQP dan sistem B-SIMS (Batam Seaport Information Management System) ini.

Peningkatan akselerasi ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam menjadi alasan utama BLE ini dibuat. Dengan beragam kemudahan yang ada dalam sistem BLE, harapannya akan berimbas pada peningkatan gerak industri di Batam.

"Batam belakangan ini pertumbuhan ekonominya di bawah nasional, maka kita bangun BLE dengan harapan bisa meningkat dan bersaing. Morowali mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan akselerasi yang sudah dijalankan di sana," kata Luhut dalam acara tersebut.

Luhut melanjutkan, dengan potensi dn keunggulan yang dimilikinya, Batam memang harus dioptimalkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Campur tangan pemerintah pusat dengan beragam kebijakan yang memudahkan dunia usaha ini hendaknya memberi dampak pada perekonomian Batam.

Senada dengan Luhut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam kesempatan tersebut, menyampaikan kalau BLE ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memaksimalkan upaya peningkatan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"BLE ini adalah upaya pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Dalam setahun terakhir kita tidak maksimal karena pandemi, maka saat ini kita maksimalkan upaya untuk peningkatan perekonomian," kata Sri Mulyani.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad yang hadir dalam ksempatan tersebut, mengaku akan berupaya maksimal untuk mendukung program-program yang disiapkan untuk kemajuan ekonomi Kepri dari banyak sektor. Tidak hanya dari sisi optimalisasi layanan pelabuhan, namun juga potensi maritim lain seperti labuh jangkar dan sebgainya.

Pada prinsipnya, Pemprov Kepr, kata Ansar siap mendukung dan berkolaborasi atas kebijakan pemerintah pusat. "Seperti apa nantinya kami siap untuk duduk bersama dan memaksimalkan potensi yang ada," kata Ansar.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper